Panglima TNI Jenderal Andika Bertemu Wapres, Bahas Keamanan Papua

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 16:39 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan Wapres Maruf Amin (dok. Setwapres)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan Wapres Maruf Amin. (dok. Setwapres)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pertemuan disebut sebagai rangkaian dari safari Panglima ke Presiden, Wapres, hingga para tokoh.

"Beberapa waktu lalu, pukul 11 sampai dengan pukul 12 siang, Wakil Presiden menerima Panglima TNI yang baru, Bapak Jenderal Andika, beliau bersafari setelah menemui Presiden dan Wakil Presiden dan beberapa pejabat penting di negara ini," ujar Juru Bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Masduki mengatakan Andika kerap bertemu dengan Ma'ruf pada saat menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Pada saat itu, Andika disebut kerap melaporkan perkembangan yang terjadi di internal TNI AD.

"Pertemuan dengan Wakil Presiden berlangsung secara kekeluargaan, karena Pak Andika ini secara rutin, secara periodik selalu bertemu Wakil Presiden ketika waktu menjadi KSAD beliau juga selalu melaporkan berbagai perkembangan di internal Angkatan Darat kepada Wakil Presiden," kata Masduki.

Dalam pertemuan, Ma'ruf meminta Andika memantau perkembangan nasional, khususnya perkembangan pada wilayah Papua. Hal ini dilakukan karena Ma'ruf memiliki tanggung jawab menyejahterakan Papua, dan Andika memiliki tanggung jawab agar kondisi Papua aman.

"Sekarang karena beliau sebagai panglima, Wapres juga minta memantau terus perkembangan-perkembangan nasional seperti apa khususnya di Papua, karena Wapres punya tanggung jawab bagaimana menyejahterakan Papua. Sebagaimana kita tahu bahwa yang namanya Panglima TNI, punya tanggungjawab bagaimana Papua aman. Di situlah tadi ada pembicaraan secara khusus bagaimana landasan-landasan pengamanan di Papua yang akan dijadikan kebijakan oleh panglima yang baru," ujar Masduki.

Masduki menuturkan Ma'ruf intensif dalam memantau perkembangan Papua. Dalam pertemuan juga dikatakan telah membicarakan beberapa kebijakan yang akan membawa suasana baru untuk keamanan yang lebih kondusif di Papua.

"Secara garis besar sudah dibicarakan ada beberapa kebijakan yang mungkin akan membawa suasana baru yang lebih kondusif buat keamanan Papua. Wakil Presiden sangat senang dengan apa yang dilaporkan oleh Panglima, karena memang bapak Wakil Presiden sangat intensif memantau perkembangan Papua, agar bagaimana di tahun 2022 nanti proses pembangunan kesejahteraan di Papua lebih intensif, bisa lebih nampak kepada masyarakat Papua manfaat kesejahteraannya," tuturnya.

(dwia/hri)