Anggota Marinir Cilandak Cabut Laporan soal Pencurian Tabung Gas

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 10:04 WIB
Dua Pria Curi Tabung Gas di Kompleks Marinir Jaksel (Foto: Istimewa)
Dua Pria Curi Tabung Gas di Kompleks Marinir Jaksel (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Dua pria berinisial DIK (30) dan FER (28) ditangkap setelah melakukan pencurian tabung gas di kompleks Marinir, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Polisi menyebut korban bernama Sertu Mar Agus Purwanto telah mencabut laporannya.

"Itu begitu pelaku sampai Polsek Pasar Minggu nggak lama juga pelapornya langsung mencabut laporan," kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Bambang Handoko saat dihubungi, Rabu (24/11/2021).

Peristiwa pencurian pelaku terjadi pada Senin (22/11) malam. Saat itu pelaku mengambil dua tabung gas di warung milik Sertu Mar Agus Purwanto.

Bambang mengatakan ada sejumlah alasan anggota Marinir itu mencabut laporannya. Dia menyebut Sertu Mar Agus Purwanto telah memaafkan pelaku.

"Alasan cabut laporan intinya dia maafkan, karena dia sadari juga pelaku ngomong 'beli' tapi tidak ditanggapi karena sedang sibuk layani orang dan tahu pelaku agak mabuk dan tidak ada kerugian lain. Barangnya (dua tabung gas yang dicuri) juga utuh ada," terang Bambang.

Saat ini kedua pelaku pun tidak dikenakan status tersangka. Keduanya telah dipulangkan ke rumah masing-masing.

Untuk diketahui, dua pria berinisial DIK (30) dan FER (28) ditangkap di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. DIK dan FER ditangkap karena ketahuan mencuri tabung gas di perumahan kompleks Marinir.

Sertu Mar Agus Purwanto mengatakan peristiwa pencurian itu terjadi pada Senin (22/11), pukul 19.15 WIB. Modusnya, DIK dan FER berpura-pura ingin membeli pulsa di warung milik Sertu Mar Agus Purwanto.

"Kronologinya, dua pelaku berpura-pura pura ingin membeli pulsa di warung Sertu Mar Agus. Pada saat anak Sertu Agus yang melayani berniat mengambil HP untuk transaksi pulsa, DIK masuk ke dalam warung dan mengambil dua tabung gas ukuran 3 kg, sementara pelaku FER menunggu di luar dengan kendaraan motornya," kata Sertu Mar Agus Purwanto dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11).

Melihat pelaku tiba-tiba masuk ke warung dan membawa dua tabung gas, anak Sertu Agus pun berteriak 'maling'. Tetangga yang mendengar lalu melihat keluar dan langsung mengejar kedua pelaku. Akhirnya kedua pelaku pun berhasil ditangkap.

Sertu Mar Agus Purwanto, yang juga sebagai Ketua RT 007, kemudian melaporkan ke Ketua RW 005 Kelurahan Cilandak Timur yang juga Komandan Pangkalan Marinir Jakarta, Kolonel Marinir Arief R H Anggorojati.

Kolonel Marinir Arief R H Anggorojati kemudian mengarahkan agar kedua pelaku diamankan di Pos Penjagaan Brigif 1 Mar untuk menghindari amuk massa dan diserahkan ke polisi.

(ygs/mea)