Mengenal Siklon Tropis Paddy Penyebab Angin Kencang Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 09:46 WIB
Jakarta -

Ibu Kota DKI Jakarta diterpa angin kencang kemarin malam. Penyebab angin kencang tersebut ternyata siklon tropis Paddy. Lantas apa itu siklon tropis Paddy?

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), siklon tropis Paddy merupakan badai dengan kekuatan besar dan memiliki radius yang luas. Radius siklon tropis Paddy bisa mencapai 150-200 km.

Pada Senin (22/11), pukul 19.00 WIB, siklon tropis Paddy terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot (75 km/jam). Siklon tropis tersebut bergerak ke arah selatan dengan kecepatan 6 km/jam menjauhi wilayah Indonesia.

Pada Selasa (23/11), pukul 07.00 WIB, Siklon Tropis Paddy terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, 13.6LS, 107.5BT (sekitar 730 km sebelah selatan barat daya Cilacap). Siklon tropis itu bergerak ke arah Barat dengan kecepatan 3 knots (5 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia. Siklon tropis Paddy ini berkekuatan 75 km/jam dengan tekanan 995 hPa.

BMKG juga memprediksi 24 jam ke depan pada hari ini, Rabu (24/11/2021), Siklon Tropis Paddy terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, 13.6LS, 106.7BT (sekitar 780 km sebelah selatan barat daya Cilacap). Siklon tropis itu bergerak ke arah Barat menjauhi wilayah Indonesia. Siklon tropis Paddy ini berkekuatan 65 km/jam dengan tekanan 999 hPa.

"Diperkirakan, intensitas Siklon Tropis Paddy menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke barat," tulis BMKG melalui laman resminya.

Siklon Tropis

Menurut BMKG, siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26,5°C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Secara teknis, siklon tropis didefinisikan sebagai sistem tekanan rendah non-frontal yang berskala sinoptik yang tumbuh di atas perairan hangat dengan wilayah perawanan konvektif dan kecepatan angin maksimum setidaknya mencapai 34 knot pada lebih dari setengah wilayah yang melingkari pusatnya, serta bertahan setidaknya enam jam.

Masa hidup suatu siklon tropis rata-rata berkisar 3-18 hari. Karena energi siklon tropis didapat dari lautan hangat, siklon tropis akan melemah atau punah ketika bergerak dan memasuki wilayah perairan yang dingin atau memasuki daratan.

Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi, yaitu 'badai tropis' atau 'typhoon' atau 'topan' jika terbentuk di Samudra Pasifik Barat, 'siklon' atau 'cyclone' jika terbentuk di sekitar India atau Australia, dan 'hurricane' jika terbentuk di Samudra Atlantik.

Simak peringatan dini terkait Siklon Tropis Paddy di halaman selanjutnya.