Tuntutan Bebas Istri Omeli Suami Mabuk Usai Perkara Jadi Sorotan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 08:00 WIB
Karawang -

Masalah tuntutan untuk seorang istri yang mengomeli suami mabuk kini menemui perkembangan 180 derajat. Semula, si istri dituntut setahun penjara dan kini bebas. Sedangkan si mantan suami dituntut hukuman 6 bulan penjara.

Ini adalah perjalanan perjuangan keadilan dari seorang perempuan bernama Valencya alias Nancy Lim yang dulu menikah dengan Chan Yu Ching. Mereka menikah pada 2000 dan bercerai pada 2020.

Dulu, sebelum bercerai, Valencya kerap memarahi Chan Yu Ching yang sering mabuk-mabukan. Kasus ini ternyata diperkarakan sampai akhirnya sidang tuntutan pada 11 November lalu membuka mata dan telinga publik.

Jaksa penuntut umum yang menangani kasus ini, Glendy Rivano, menyebutkan bahwa fakta persidangan menunjukkan adanya kekerasan psikis yang dilakukan Valencya terhadap Chan Yu Ching.

"Jadi kasus ini masuk dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga bahwa diperoleh diperoleh fakta-fakta melalui keterangan saksi dan alat bukti bahwa inisial V (Valencya) terbukti jadi terdakwa dengan dijerat Pasal 45 ayat 1 juncto Pasal 5 huruf b," ucap Glendy.

"Jadi inisial CYC (Chan Yu Ching) ini diusir dan dimarahi dengan kata-kata kasar," imbuhnya.

Terhadap tuntutan itu, Valencya tidak terima. Dia mengaku marah terhadap Chan Yu Ching karena kerap mabuk-mabukan.

"Saya keberatan, Yang Mulia. Apa yang dibacakan tidak sesuai fakta, masa hanya karena saya mengomeli suami yang suka mabuk-mabukan saya jadi tersangka dan dituntut 1 tahun penjara," kata Valencya di hadapan majelis hakim.

Ini bukan cerita akhir. Kabar terbarunya, justru Valencya dituntut bebas. Simak perjalanan selengkapnya: