Layanan Digital Publik Kota Tangerang Dipuji Anggota Komisi II DPR

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 22:45 WIB
Layanan Digital Publik Kota Tangerang Dipuji Anggota Komisi II DPR
Foto: Pemkot Tangerang
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerima kunjungan kerja spesifik dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Hal ini dalam rangka Pembahasan Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kota Tangerang, yang dilaksanakan di Tangerang Live Room.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang kinerja Pemkot Tangerang dalam melayani publik yang sudah berbasis daring dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang memudahkan masyarakat.

"Saya mengapresiasi apa yang sudah Pemkot Tangerang lakukan dengan membuat aplikasi-aplikasi pelayanan publik untuk memudahkan masyarakat. Ada masukan-masukan juga dari kami, supaya BPN juga ke depannya bisa diakses secara online juga," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Junimart juga menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Pemkot Tangerang dapat dicontoh oleh kabupaten dan kota lain di Indonesia. Tidak perlu menyamai apa yang sudah dilakukan, tetapi cukup mengikuti pola yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

"Menurut saya, apa yang dilakukan Pemkot Tangerang sangat menginspirasi dan patut dicontoh oleh Kabupaten dan Kota lain. Saya sangat tertarik dengan istilah AVATAR tadi, ya. Aplikasi Vaksinasi Kota Tangerang. Saya harap, minimal Kabupaten dan Kota lain bisa mengikuti pola yang dilakukan di Tangerang. Tidak perlu menyamai," tuturnya.

Dalam kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang tersebut, Wali Kota Arief R. Wismansyah menjabarkan tentang digitalisasi pelayanan kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang, termasuk bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tangerang.

"Secara garis besar pelayanan masyarakat baik yang sifatnya administrasi maupun permasalahan di lapangan telah dilakukan melalui aplikasi Tangerang Live," papar Arief saat menerima rombongan Komisi II DPR RI di Tangerang Live Room (TLR), Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

"Sedangkan bagi pegawai memanfaatkan aplikasi Simasn," imbuhnya.

Dia menambahkan digitalisasi pelayanan dengan menggunakan berbagai aplikasi menjadi upaya Pemkot Tangerang dalam menghadirkan inovasi, dengan tujuan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan secara optimal.

"Jadi semua bisa termonitor dan bisa dievaluasi oleh Pemkot," jelasnya dalam kunjungan yang juga diikuti oleh perwakilan Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika serta Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten Dedi Irsan.

(prf/ega)