Hujan Rintik, Jokowi Tanam Jagung Bareng Petani di Jeneponto Sulsel

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 14:24 WIB
Jeneponto -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman jagung bersama petani di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), di tengah rintik hujan. Jokowi juga sempat menjajal traktor untuk menanam jagung.

Jokowi menjajal traktor yang di belakangnya ada planter atau alat untuk menanam jagung. Menurut Jokowi, menanam jagung di hamparan yang sangat luas cocok menggunakan traktor dengan planter jagung.

"Mekanisasi seperti ini perlu dikenalkan kepada para petani agar penggunaan alat-alat semiberat seperti ini bisa juga dilakukan," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan secara langsung YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/11/2021).

Area tempat Jokowi menanam jagung bersama para petani di Jeneponto berada di lahan seluas 1.000 hektare. Diharapkan lahan itu bisa menghasilkan 6-7 ton jagung.

"Penanaman jagung di area kabupaten ini sebesar 1.000 hektare dan kita harapkan dari setiap hektarenya nanti akan muncul 6 sampai 7 ton. Dan di seluruh provinsi Sulawesi Selatan kita harapkan akan keluar produksi 1,8 juta ton,"

Jokowi mengungkapkan kebutuhan jagung secara nasional saat ini masih kurang. Dia berharap banyaknya petani jagung seperti di Jeneponto akan segera menutupi kekurangan stok jagung nasional.

"Tidak usah kita impor lagi," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan harga jagung saat ini sedang baik untuk para petani. Dalam perbincangannya dengan petani di Jeneponto, dia mengetahui harga jagung Rp 4.000 per kilogram. Dia mengingatkan agar harga jagung tetap stabil.

"Kalau harganya terlalu tinggi yang senang petani, tetapi para peternak ayam daging maupun ayam telur pasti akan mengeluh karena harga pakan ternaknya menjadi tinggi," jelasnya.

"Ini memang 2 hal yang harus seimbang, petani juga diuntungkan tatapi para peternak yang juga harus diuntungkan. Inilah yang baru kita cari keseimbangannya kalau produksi secara nasional tercukupi," lanjutnya.

(nvl/idh)