Viral Jl Daan Mogot dan Pertigaan Elang Laut Macet Parah, Ini Penyebabnya

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 13:00 WIB
Jalan basah dan licin akibat hujan. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi macet. (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Lalu lintas di Jalan Raya Daan Mogot di Jakarta Barat dan kawasan pertigaan Jalan Elang Laut di Jakarta Utara macet parah pada sore kemarin. Foto-foto kemacetan itu beredar di media sosial. Lalu, apa penyebab kemacetan tersebut?

Berdasarkan sejumlah foto yang diunggah di salah satu akun di media sosial, tampak sejumlah pengguna jalan mengeluhkan macetnya arus lalu lintas di Jalan Raya Daan Mogot dan di kawasan pertigaan Jalan Elang Laut. Kemacetan itu terjadi pada sore hari.

Kendaraan terlihat tidak bergerak sama sekali. Terlihat sejumlah pengguna kendaraan nekat sampai masuk ke jalur khusus TransJakarta.

Menanggapi kejadian itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Barat Erwansyah menerangkan kemacetan tersebut disebabkan perbaikan jalan di Jalan Raya Perancis, Tangerang. Bahkan, kemacetan juga terjadi hingga ke jalan Tol Sedyatmo.

"Kemarin itu emang terjadi kemacetan parah karena di Jalan Perancis Dadap, Tangerang, ada peninggian jalan, pengecoran dan lubang. Nah itu buntutnya sampai kembangan sampai ke mana-ke mana itu. Sampai jalan tol juga kena imbasnya," ujar Erwansyah saat dihubungi detikcom, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, kemacetan disebabkan tingginya volume kendaraan sewaktu jam pulang kerja dan ramainya truk yang melintas di jam tersebut. Ditambah banyak mobil yang enggan melintas di jalan tol sehingga arus lalu lintas menjadi semakin padat.

"Karena orang banyak yang dialihin masuk tol nggak mau. Sama padatnya lalin sepulang kerja," kata Erwan.

"Kemarin itu truknya terlalu banyak, kadang-kadang kan pergerakan truk ekspor dam impor itu pengaruh itu hari-hari tertentu. Kan dia setiap bulan ada waktunya truk itu lebih banyak. Pergerakan kendaraan berat," imbuhnya.

Erwan menyebut kemacetan itu terjadi mulai pukul 14.00 hingga 21.30 WIB. Untuk mengantisipasi kemacetan terulang, arus lalu lintas menuju Jalan Raya Perancis nantinya akan ditutup.

Pengguna kendaraan yang hendak menuju Jalan Raya Perancis diminta memutar arah di ujung Tol Sedyatmo. Jadi, arus lalu lintas dari Jalan Raya Perancis menuju Jalan Pedongkelan, Jakarta Barat, atau sebaliknya tidak mengalami penumpukan.

"Kita udah nempatin petugas di pintu air. Kalau nanti terjadi lock lagi kita tutup itu jalan ke arah Dadap. Kita lurusin. Kalau terjadi kemacetan. Dia kan nanti jadi satu arah. Masuknya kita tutup. Jadi arah Dadap yang kalau udah penuh kita suruh lurus," terang Erwan.

Kondisi Perempatan Kalideres, Jalan Raya Daan Mogot, Selasa pagi.Kondisi Perempatan Kalideres, Jalan Raya Daan Mogot, Selasa pagi. (Rakha/detikcom)

Pantauan detikcom di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat, dan di pertigaan Jalan Elang Laut, Jakarta Utara, pukul 09.30 WIB, Selasa (23/11/2021), terpantau tidak ada kemacetan. Arus lalu lintas ramai lancar.

Sejumlah petugas gabungan dari polisi dan Dishub tampak berjaga di titik U-turn sepanjang Jalan Raya Daan Mogot. Sementara itu, di pertigaan Jalan Elang Laut terpantau arus lalu lintas ramai lancar. Di sekitar lokasi tidak tampak perbaikan jalan yang mengganggu jalannya arus lalu lintas.

(rak/knv)