Disdik DKI: Semua Sekolah di Jakarta Sudah Gelar PTM Terbatas

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 12:54 WIB
Sekitar 3.050 sekolah di Jakarta bersiap untuk gelar sekolah tatap muka secara terbatas. Hal itu dilakukan seiring dengan pemberlakuan PPKM level 2 di ibu kota.
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah membuka seluruh sekolah di Ibu Kota. Total ada 10.429 sekolah yang menggelar tatap muka (PTM) terbatas.

"Pada tanggal 15 November 2021, seluruh satuan pendidikan di semua jenjang di DKI Jakarta telah melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam webminar yang disiarkan dalam YouTube JakDisdik TV, Selasa (23/11/2021).

Nahdiana mengatakan sekolah yang dibuka mulai dari jenjang PAUD hingga SMA. Sekolah-sekolah tersebut berada di bawah naungan Kemendikbud dan Kementerian Agama.

"Disdik melaksanakan PTM terbatas dengan prinsip kebijakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga pendidik, dan keluarga dan masyarakat adalah prioritas utama dalam pendidikan," jelasnya.

Nahdiana menuturkan kegiatan PTM perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan krisis belajar akibat pandemi COVID-19.

"Kita tahu ini akan terjadi learning lost, semakin lama, semakin jenjang pendidikan semakin rendah, ini potensi akan semakin besar dan pandemi yang kita alami hampir 2 tahun ini, maka Disdik berupaya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi peserta didik," sebutnya.

"Kami juga sudah keluarkan Edaran nomor 33 tahun 2020 tentang pembelajaran bermakna dan menyenangkan, dengan harapan PTM dapat berjalan dengan baik," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta menambah durasi jam pelajaran pada sekolah yang menjalani tatap muka. Penambahan durasi belajar ini diberlakukan sejak PPKM level 1.

Perubahan durasi belajar tatap muka tertuang dalam Surat Keputusan (SK) kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 1139 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Satuan Pendidikan di masa Pandemi COVID-19. Masing-masing jenjang pendidikan menambah durasi belajar selama 1-2 jam.

"Yang tadinya 5 jam untuk SMA jadi 7 jam, tambah 2 jam. SMP yang 4 jam jadi 6 jam, SD yang 3 jam jadi 5 jam, PAUD dari 2 jam jadi 3 jam," kata Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah, saat dikonfirmasi, Rabu (17/11/2021).

Meskipun waktu belajar ditambah, Taga mengatakan jadwal PTM tetap digelar selama 3 hari, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Adapun sistem pembelajaran yang diterapkan adalah blended learning.

(taa/idn)