Laju Vaksinasi Corona RI Turun karena Publik Ragu, Awas Jangan Seperti Eropa!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 16:57 WIB
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin melaporkan laju suntikan vaksinasi di Indonesia menurun dalam beberapa pekan terakhir. Salah satu penyebabnya adalah keraguan masyarakat terhadap vaksin.

Hal itu disampaikan Budi dalam jumpa pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (22/11/2021). Budi menyebut keraguan masyarakat itu karena merek vaksin yang dianggap baru.

"Kami juga melaporkan bahwa tiga minggu terakhir ini terjadi penurunan laju suntikan yang tadinya konsisten di atas 2 juta sudah ada penurunan. Ini disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah karena memang Sinovac vaksinnya sudah mulai menurun diganti oleh AstraZeneca dan Pfizer. Dua vaksin ini sama amannya efikasinya lebih tinggi tapi karena baru masyarakat masih ragu untuk menggunakannya," kata Budi.

Budi meminta semua pihak mendorong masyarakat segera vaksinasi, terutama lansia. Dia memastikan apa pun jenis vaksinnya tetap aman.

"Yang AstraZeneca, Pfizer, atau Moderna memang ada demam sama seperti waktu kita kecil divaksin cacar juga ada demam. Tidak usah khawatir vaksin-vaksin ini sudah terbukti aman. Tidak usah ragu-ragu untuk segera divaksin. Jangan sampai terjadi apa yang di Eropa bisa terjadi di Indonesia," ujar Budi.

(knv/bar)