Pesan Komnas HAM ke Jaksa Agung soal Penuntasan Pelanggaran HAM Berat

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 15:08 WIB
Komisioner Komnas HAM Amiruddin Al Rahab
Komnas HAM Amiruddin (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta -

Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono mempercepat penuntasan kasus pelanggaran HAM berat masa kini. Komnas HAM memberi pesan ke Jaksa Agung.

Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin mengatakan sejauh ini sudah menyelidiki 12 peristiwa diduga melanggar HAM berat sesuai dengan Pasal 18 dan 20 (1) UU No 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM. Berkas itu juga sudah diserahkan ke Jaksa Agung.

"Berkas-berkas itu telah diserahkan ke Jaksa Agung, ada yang telah berusia 15 tahun, dan juga ada hampir dua tahun yaitu tentang Peristiwa Paniai, Papua," kata Amiruddin dalam keterangannya, Senin (22/11/2021).

Sebagai Ketua Tim Tindak Lanjut Hasil Penyelidikan Pelanggaran HAM Berat, Amiruddin menyambut baik langkah Jaksa Agung. Dia juga memberi sejumlah pesan.

"Langkah terobosan, perlu berbentuk langkah hukum, yaitu dimulainya penyidikan oleh Jaksa Agung atas beberapa peristiwa sesuai Pasal 21 dan 22 UU No 26 Tahun 2000. Untuk memulai penyidikan, silakan Jaksa Agung memilih peristiwa yang mana saja dari 12 berkas hasil penyelidikan Komnas HAM yang telah diserahkan ke Jaksa Agung," tuturnya.

Kemudian, Amiruddin menerangkan pembentukan tim bukan terobosan yang tepat untuk dilakukan saat ini. Termasuk langkah kajian.

"Pengkajian akan berguna dalam rangka dimulainya penyidikan," jelas dia.

Komnas HAM juga mendesak pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan baru sebagai dasar hukum untuk pemenuhan hak korban.

"Jangan hak-hak korban terus diabaikan, akibat proses hukum yang buntu," kata Amiruddin.

(idn/idn)