Cerita Pertemuan Farid Okbah dengan Soeharto, Jokowi hingga Anies

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 20:45 WIB
Jakarta -

Ustaz Farid Okbah pernah bertemu dengan Presiden RI kedua Soeharto. Cerita pertemuan itu diungkap oleh pengacaranya, Ismar Syafruddin.

"Tanggal 20 Maret 1997," ujar Ismar saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/11/2021).

Keduanya bertemu pada momen Rapat Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). Soeharto saat itu menemui sejumlah pengurus MUI lainnya, salah satunya Farid Okbah.

"(Dalam rangka) Rapat Kerja Nasional MUI. Beliau masih muda saja kala itu sudah diundang ke Istana Negara sebagai pengurus MUI. Bertemu juga dengan (Wapres RI keenam) Try Sutrisno," tuturnya.

Ismar lalu memamerkan sejumlah pejabat negara lainnya yang ditemui kliennya, di antaranya Wapres RI ke-9 Hamzah Haz, Jusuf Kalla, hingga terakhir dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Bertemu dengan Hamzah Haz zaman Megawati, JK dan Jokowi pada 17 Juli 2020," kata Ismar.

detikcom mendapat potret kala Farid Okbah bertemu dengan Soeharto. Pria yang kini berstatus tersangka tidak pidana terorisme itu tampak mengenakan setelan jas gelap.

Dalam foto, Farid Okbah terlihat bersalaman dengan Soeharto yang berpeci.

Bertemu Anies Baswedan

Foto Farid Okbah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga beredar di media sosial. Disebutkan, pertemuan mereka terjadi beberapa hari sebelum Farid Okbah akhirnya ditangkap oleh tim dari Densus 88 Antiteror Polri.

"Ketika itu mertua Ustaz Farid meninggal dunia, ternyata Pak AB (Anies Baswedan) bersama ibunya juga hadir di tempat tersebut," terang Ismar.

Ismar mengatakan mertua Ustaz Farid meninggal pada Sabtu (13/11). Kemudian, pada Selasa (16/11), Farid Okbah ditangkap tim Densus 88.

Ismar tidak menyebut alamat rinci rumah duka yang dikunjungi Anies ini. Dia hanya mengatakan rumah yang dikunjungi Anies itu berada di dekat kantor Kecamatan Jatiasih, Bekasi.

"Dekat kantor Kecamatan Jatiasih. Memang meninggalnya sekitar sepekan lalu sih, sekitar Sabtu kalau nggak salah. Terus Selasa beliau (Farid) ditangkap (Densus)," katanya.

Lebih lanjut Ismar memuji Anies, yang bersedia menyempatkan diri hadir melayat saat mertua Farid meninggal. Menurutnya, Anies selalu menebar kebaikan di segala tempat.

"Justru di situlah beliau memperlihatkan kepekaan. Beliau hadir di segala tempat untuk menebar kebaikan," imbuh Ismar.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.