Pengacara Cerita Farid Okbah juga Pernah Bertemu Soeharto

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 18:23 WIB
Jakarta -

Pengacara Ustaz Farid Okbah, Ismar Syafruddin, mengungkapkan kliennya juga pernah bertemu dengan Presiden kedua RI, Soeharto. Ismar menyebut pertemuan itu terjadi pada 1997.

"Tanggal 20 Maret 1997," ujar Ismar soal waktu pertemuan itu, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/11/2021).

Ismar menceritakan momen pertemuan Farid Okbah dengan Soeharto itu dalam rangka Rapat Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). Farid Okbah bertemu dengan Soeharto bersama sejumlah pengurus MUI lainnya.

"(Dalam rangka) Rapat Kerja Nasional MUI. Beliau masih muda saja kala itu sudah diundang ke Istana Negara sebagai pengurus MUI," tuturnya.

Kata Ismar, Farid Okbah tidak hanya bertemu dengan Soeharto dalam momen itu. Farid juga bertemu dengan Wakil Presiden keenam RI, Try Sutrisno.

"Bertemu juga dengan Try Sutrisno, bertemu dengan Hamzah Haz zaman Megawati, JK dan Jokowi pada 17 Juli 2020," imbuh Ismar.

Dalam foto yang diterima detikcom, Farid Okbah tampak mengenakan setelan jas gelap. Farid terlihat bersalaman dengan Soeharto, yang memakai peci.

Sebelumnya, beredar di media sosial (medsos) Ustaz Farid Okbah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa hari sebelum ditangkap Densus 88 Antiteror Polri. Pengacara Farid, Ismar Syafruddin, mengungkapkan Farid dan Anies bertemu saat mertua Farid meninggal dunia.

"Ketika itu mertua Ustaz Farid meninggal dunia, ternyata Pak AB (Anies Baswedan) bersama ibunya juga hadir di tempat tersebut," ujar Ismar saat dihubungi, Sabtu (20/11).

Ismar mengatakan mertua Ustaz Farid meninggal pada Sabtu (13/11). Kemudian, pada Selasa (16/11), Ustaz Farid ditangkap tim Densus 88.

(drg/idh)