Disdik DKI Siapkan Sanksi Terkait Robohnya Gedung SMAN 96 Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 20:11 WIB
Suasana lokasi bangunan SMAN 96 Jakarta yang roboh di Jakarta, Kamis (18/11/2021). Gedung SMAN 96 Jakarta yang masih dalam proses pembangunan tersebut roboh pada Rabu (17/11) siang dan mengakibatkan empat orang pekerja proyek mengalami luka-luka. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Bangunan SMAN 96 Jakarta yang roboh (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta -

Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah melakukan peninjauan ke SMAN 96 Jakarta yang roboh beberapa hari lalu. Disdik DKI menyiapkan sanksi kepada pihak yang diduga lalai atas terjadinya insiden tersebut.

"Kami telah melakukan peninjauan bersama kepolisian, camat, lurah, RW, RT, dan dari pihak kontraktor pelaksana, agar bertanggung jawab serta segera melakukan upaya perbaikan," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, seperti dilansir dari Antara, Jumat (19/11/2021).

Nahdiana menjelaskan, sanksi akan dijatuhkan setelah ada hasil penyelidikan dari kepolisian. Tapi dia tidak menyebutkan detail sanksi yang akan diberikan.

Selain itu, Disdik DKI akan melakukan evaluasi terhadap bangunan SMAN 96 Jakarta. Pihaknya juga akan memperketat pengawasan terhadap manajemen konstruksi gedung sekolah yang sedang direnovasi total, sehingga kejadian serupa tidak terulang.

Lebih lanjut, Nahdiana memastikan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 96 Jakarta tetap berlangsung seperti biasa dan tidak terganggu atas kejadian tersebut. Pihaknya mengalihkan lokasi sementara aktivitas pendidikan siswa SMAN 96 ke SMK Negeri 73 Jakarta.

Polisi Periksa 12 Saksi

Polisi menyelidiki robohnya proyek gedung SMAN 96 Jakarta di Cengkareng, Jakarta Barat. Kini polisi telah memeriksa 12 saksi terkait insiden tersebut.

"Dua belas saksi terdiri dari supervisor sama pengawas lapangan," ujar Kanit Krimsus Polsek Cengkareng AKP Fahmi L Fiandri kepada wartawan, Jumat (19/11/2021).

Fahmi menyebut kemarin pihaknya juga telah memeriksa Project Manager dari pihak kontraktor untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Selain itu, Fahmi mengatakan nantinya pimpinan proyek akan dipanggil oleh pihak kepolisian.

"Yang pasti ada pihak-pihak terkait kontraktor (yang akan dipanggil), pimpinan proyek pasti kita panggil karena ada keterkaitan di situ kan," jelasnya.

Sementara penyebab robohnya gedung SMAN 96 Jakarta masih diselidiki polisi.

"Itu masih dalam penyelidikan," katanya.

Diduga Terjadi Kesalahan

Sebelumnya, proyek gedung SMAN 96 Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat, roboh saat sedang direnovasi. Damkar Jakarta Barat mengungkap dugaan penyebabnya.

"Diduga terjadi kesalahan konstruksi bangunan (bangunan sedang proses pembangunan)," ujar Kasi Ops Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Sjukri Bahanan dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11).

Sjukri menuturkan petugas damkar mulai mengevakuasi korban di lokasi kejadian pukul 14.58 WIB. Pada pukul 15.30 WIB, proses evakuasi selesai.

Empat unit mobil dan 20 personel damkar diterjunkan ke lokasi. Empat pekerja bangunan berinisial A, F, P, dan M terluka. Pemprov DKI dan kepolisian tengah menyelidiki robohnya proyek itu.

Simak Video: Suasana Saat Insiden Robohnya Gedung SMAN 96 di Jakbar

[Gambas:Video 20detik]



(eva/aud)