Viral Baliho Kemenkumham di Jambi Ajak Gunakan 'Sabu', Ini Maksudnya

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 21:15 WIB
Baliho Kanwil Kemenkumham Jambi ajak gunakan sabu viral di medsos, Kamis (18/11/2021).
Baliho Kanwil Kemenkumham Jambi ajak 'gunakan sabu' viral di medsos. (screenshot video)
Jambi -

Sebuah baliho Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jambi bertulisan 'gunakan sabu' viral di media sosial (medsos). Begini maksudnya.

Baliho tersebut diabadikan melalui sebuah video yang beredar di medsos, seperti dilihat detikcom, Kamis (18/11/2021). Di bagian tengah atas baliho tertulis 'Kemenkumham RI Kantor Wilayah (Kanwil) Jambi'.

Di bagian tengah tertulis, 'Gunakan Sabu Hanya Hitungan Detik Anda Sudah Memiliki Badan Usaha Perorangan'. Di bagian bawah sebelah kiri ada foto Kepala Bidang Pelayanan Umum Kemenkumham Kanwil Jambi, Purwantoro.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi, M Jahari Sitepu, menjelaskan maksud kata 'sabu' di baliho tersebut. Dia menegaskan kata 'sabu' tersebut bukanlah narkoba.

"Begini ya, (sabu) itu artinya Sistem Administrasi Badan Usaha, itu artinya, biar tahu kalian. Kita tidak ada yang aneh-aneh buat warga Jambi, niat kita baik," kata Jahari saat dimintai konfirmasi, Kamis (18/11/2021).

Jahari menjelaskan tujuan pemasangan baliho tersebut adalah mensosialisasikan sebuah aplikasi online besutan Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, demi mempermudah masyarakat yang ingin memiliki badan usaha perorangan.

"Kita di sini ingin mengajak masyarakat agar tahu itu aplikasi. Niat kita baik, tidak ada upaya-upaya yang aneh-aneh. Niat kita kan baik. Jadi itu adalah aplikasi Sistem Administrasi Badan Usaha, saya jelaskan lagi," ujarnya.

"Kita pasang iklan, billboard itu, di beberapa titik yang merupakan sosialisasi aplikasi layanan publik Ditjen AHU," lanjut Jahari.

Simak juga 'Gegara Baliho Ambruk, Listrik di Sejumlah Wilayah Yogyakarta Padam!':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)