Antisipasi Banjir, DPRD Surabaya Minta Rumah Pompa Selalu Siaga

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 16:57 WIB
DPRD Kota Surabaya
Foto: DPRD Kota Surabaya
Jakarta -

Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah mendorong kesiapsiagaan Pemkot Surabaya dalam mengantisipasi banjir. Ia pun meminta keberadaan puluhan rumah pompa saat musim hujan dioptimalisasi dan mengimbau agar petugas tetap siaga selama 24 jam.

"Mereka harus siaga 24 jam untuk mengantisipasi banjir. Pastikan semua Rumah Pompa dan unit mesin pompa dalam kondisi baik. Saya percaya petugas Rumah Pompa selalu siaga," imbuh Laila dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021).

Laila Mufidah juga sempat meninjau secara langsung rumah-rumah pompa dan petugas yang berjaga menjelang puncak musim hujan. Laila berharap musim hujan tahun ini baik genangan atau banjir bisa diantisipasi.

"Mau genangan mau banjir. Tetap semua akan merugi. Mari semua siap siaga. Pemkot Surabaya tahun ini juga sudah maksimal mengantisipasi banjir. Namun tetap kesiapsiagaan itu harus terus dilakukan menjelang dan saat hujan deras tiba," ungkap Laila.

Politisi dari PKB ini, menilai Pemkot Surabaya sudah melakukan sejumlah antisipasi sejak jauh-jauh hari untuk penanganan banjir di Kota Pahlawan. Mulai saluran, drainase, dan box culvert sudah dikebut hingga normalisasi sungai juga sudah dikeruk beberapa bulan terakhir.

Menurut Laila, langkah itu harus diikuti kesiagaan rumah pompa bersama petugas yang mengoperasikan. Jangan sampai saat terjadi penumpukan genangan di sejumlah titik, rumah pompa tidak bisa dioperasikan.

"Sedetikpun jangan pernah mesin Rumah Pompa mati. Maintenance dan pengecekan berkala harus terus dilakukan. Pastikan semua bisa dioperasikan dengan petugas non stop siaga," tandas Laila.

Untuk memastikan kesiapsiagaan mesin maupun petugas rumah pompa, Laila meninjau Rumah Pompa Prapen. Selain, memastikan kesiapan Rumah Pompa ini menyambut musim hujan, Laila juga memberi dukungan kepada petugas. Mensupport petugas siaga 24 jam.

"Mari mengantisipasi banjir ini bersama-sama. Tugas semua. Ayo warga Surabaya juga ikut berpartisipasi tidak membuang sampah di saluran. Bisa menyumbat dan meluap akhirnya banjir," ungkap Laila.

Salah satu, petugas operator Rumah Pompa Prapen, Kusnan mengatakan, ia bersama lima petugas yang lain siap untuk mengantisipasi banjir. Mereka siap 24 jam menjaga agar Surabaya tak tergenang.

"Terima kasih atas dukungan ibu Dewan. Datang ke sini memberi support," kata Kusnan.

Kota Surabaya telah memiliki 61 Rumah Pompa yang tersebar di seluruh wilayah. Baik Surabaya Tengah, Surabaya Selatan, Surabaya Utara, Surabaya Timur, hingga Surabaya Barat sudah terdapat Rumah Pompa.

(ega/ega)