Berapa Kali Vaksin Covid? Ini Jumlah Dosis Tiap Jenis Vaksin

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 15:55 WIB
Berapa kali vaksin Covid? Jumlah dosis vaksin berbeda-beda tergantung jenis vaksinnya.
Berapa kali vaksin Covid? Simak informasi lengkapnya Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum
Jakarta -

Berapa kali vaksin Covid? Jumlah dosis vaksin berbeda-beda tergantung jenis vaksinnya. Vaksinasi merupakan salah satu upaya penting dalam penekanan laju penyebaran virus Corona di Indonesia.

Maka dari itu, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan laju vaksinasi. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, saat ini vaksinasi COVID-19 di Indonesia mencapai 2 juta suntikan per hari.

Lalu, berapa kali vaksin Covid? Simak informasinya berikut ini

Berapa Kali Vaksin Covid? Ini Jawabannya

Untuk menjawab pertanyaan berapa kali vaksin covid, umumnya vaksin diberikan dalam 1 atau 2 kali suntikan. Hal ini tergantung dari jenis vaksin yang digunakan.

Ada bermacam-macam jenis vaksin Corona. Dilansir dari situs Indonesia Baik yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01/07/Kemenkes/12758/2020, Indonesia menggunakan 6 jenis vaksin.

Berikut 6 jenis vaksin tersebut:

  1. AstraZeneca
  2. Sinopharm
  3. Moderna
  4. Novavac
  5. Prizer/Biontech
  6. Sinovac

Masing-masing jenis vaksin memiliki mekanisme untuk pemberiannya, serta interval pemberian pun berbeda-beda. Soal dosis, rata-rata berkisar antara 0,3 ml hingga 0,5 ml.

Berikut dosis vaksin yang diberikan kepada masyarakat Indonesia:

  1. Vaksin Sinovac disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan 14 hari. Sebesar 0,5 ml per dosis.
  2. Vaksin Sinopharm disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan 21 hari. Sebesar 0,5 ml per dosis.
  3. Vaksin AstraZeneca disuntikkan antara satu atau dua kali dengan rentan jarak penyuntikan 28 hari (bila dua suntikan). Sebesar 0,5 ml per dosis.
  4. Vaksin Novavax disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan 21 hari. Sebesar 0,5 ml per dosis.
  5. Vaksin Moderna disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan 28 hari. Sebesar 0,5 ml per dosis.
  6. Vaksin Pfizer/BioNTech disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan 28 hari. Sebesar 0,5 ml per dosis.

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan berapa kali vaksin Covid, simak informasi berikut ini mengenai vaksinasi di Indonesia.

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Akan Mencapai 300 Juta Suntikan

Informasi mengenai berapa kali vaksin Covid beserta dosisnya telah diketahui. Selanjutnya, simak pula pernyataan Menkes soal target vaksinasi di Indonesia.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memperkirakan, pada akhir tahun ini, vaksinasi COVID-19 di Indonesia akan mencapai 300 juta suntikan. Budi mengatakan, dari 300 juta suntikan itu, diperkirakan 118 juta orang sudah akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 lengkap. Sementara untuk vaksinasi dosis 1 diperkirakan akan mencapai 161 juta orang.

"Vaksinasi kita juga terus bertengger di antara 1,6 sampai 2 juta suntikan per hari dan diperkirakan sampai akhir tahun ini mungkin bisa mencapai total suntikan 290 juta sampai 300 juta suntikan," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (15/11/2021).

Pertanyaan berapa kali vaksin Covid sudah terjawab. Selanjutnya, ada kabar gembira tentang vaksinasi Corona di Indonesia. Cek di halaman berikutnya ya.