Hadi Tjahjanto Resmi Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Andika Perkasa

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 10:27 WIB
Jakarta -

Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa. Andika menyampaikan terima kasih dang mengungkapkan dirinya merasa terhormat dengan upacara sertijab yang digelar Mabes TNI dalam rangka menyambut kepepimpinannya.

"Terima kasih banyak kepada Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah membuat acara serah terima jabatan pagi ini berbeda," kata Andika usai upacara sertijab tunai digelar di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/11/2021).

Acara ini digelar berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta, kemarin (17/11). Setelah sertijab Panglima TNI, dilakukan juga sertijab Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT PWA dari Nanny Hadi Tjahjanto kepada Hetty Andika Perkasa.

"Saya sebagai junior mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Hadi. Kami merasa sangat terhormat sekali," sambung dia.

Ditanya soal targetnya usai resmi menjadi orang nomor satu di TNI, Andika menjawab akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah dimulai dan dilaksanakan Marsekal Hadi sebelumnya.

"Tugas kita kan memang sudah dibuat spesifik oleh Undang-undang Nomor 34. Saya akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilakukan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto karena memang itulah yang harus kita geluti," tutur Andika.

Sertijab Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa.Foto: Sertijab Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa. (dok. Puspen TNI)

Pada kesempatan yang sama, Hadi mengatakan dirinya terus mendoakan generasi penerus TNI agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Dia berpesan agar generasi penerus menjadikan medan kedinasan sebagai ladang ibadah.

"Selaku senior, dan apa lagi sebentar lagi saya sudah purnawirawan, mengakhiri dinas keprajuritan, saya tidak henti-hentinya selalu berdoa untuk generasi penerus TNI agar semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik," ungkap Hadi.

"Jadikan medan penugasan ladang ibadah kepada Tuhan YME agar pelaksanaan tugas pokok dapat dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas," imbuh Hadi.

Sertijab Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa.Foto: Sertijab Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa. (dok. Puspen TNI)

Dia kemudian menyampaikan doa untuk Andika, "Dan terkhusus kepada Panglima TNI, adik saya Jenderal TNI Andika Perkasa, saya selalu berdoa untuk adik saya Jenderal TNI Andika Perkasa senantiasa diberi kesehatan dan dapat melaksanakan tugas negara, tugas mulia dengan aman dan lancar," terang Hadi.

Untuk diketahui, upacara serah terima jabatan Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa dilakukan pagi ini. Acara digelar tertutup dengan dihadiri undangan yang terbatas.

(aud/knv)