BNPT: Farid Okbah Training Ustaz-ustaz Sebarkan Visi Misi JI

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 14:14 WIB
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI mengungkapkan Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Farid Okbah pernah ke Afghanistan untuk menjadi mentor bagi para kombatan Jamaah Islamiyah (JI). BNPT menyebut Farid bertugas menyebarkan visi dan misi JI.

"Di tahun 1992-an, (Farid) ditunjuk sebagai ustaz yang ditunjuk men-training sejumlah kader ustaz-ustaz yang menyebarkan visi dan misi JI," ujar Direktur Pencegahan BNPT RI Brigjen Ahmad Nurwakhid kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

"Dengan pendalaman kitab wahabi, fikih, dan jihad. Yang kemudian dikembangkan kepada kader-kader pesantren JI dan anggota-anggota JI," sambungnya.

Nurwakhid menyebut aksi yang dilakukan Farid Okbah ke Afghanistan sebagai operasi intelijen. Pasalnya, dia merupakan aktor intelektual.

"Semacam operasi intelijen karena sebagai aktor intelektual," ucap Nurwakhid.

Lebih lanjut, kata Nurwakhid, Farid Okbah turut menjadi koordinator JI untuk Al Qaeda di Afghanistan. Diketahui, JI memang berafiliasi dengan Al Qaeda.

"Semacam afiliator atau koordinator JI untuk Al Qaeda di Afghanistan. JI berafiliasi dengan Al Qaeda di Afghanistan," imbuhnya.