400 Korban Kebakaran 37 Rumah di Koja Jakut Mengungsi ke Masjid

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 10:57 WIB
Lokasi Kebakaran 37 Rumah di Koja, Jakut
Lokasi kebakaran 37 rumah di Koja, Jakut (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Ratusan orang mengungsi akibat 37 rumah di RT 12 RW 08 Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terbakar. Warga saat ini mengungsi di Masjid Jami Al Muhtarom, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara.

"Saat ini semua warga yang terdampak mengungsi di Masjid Al Muhtarom," kata ketua RT setempat, Darsita, saat ditemui di lokasi, Rabu (17/11/2021).

Darsita mengatakan ada 67 keluarga atau sekitar 400 jiwa yang terdampak.

"(Korban) lumayan banyak, ada sekitar 65 atau 67 keluarga. Kalau rumahnya ada sekitar 35 atau 37 keluarga. Nah, untuk jumlah jiwanya 400 lebih. Kebetulan lumayan padat," ucap Darsita.

Sementara itu, pantauan detikcom di lokasi, sejak pukul 09.00 WIB, warga ramai-ramai merapikan puing-puing sisa kebakaran. Terlihat api di sekitar sudah padam, tapi asap bekas kebakaran masih terlihat.

Warga membersihkan lokasi kejadian dan mencari barang yang masih bisa diselamatkan. Selain itu, warga bergotong royong membersihkan akses jalan dan saluran air yang macet karena tertimbun material bekas kebakaran.

"Ini kita utamakan akses jalan biar gampang orang lewat, terus juga bersihkan saluran air karena tadi mampet tertimbun," kata Darsita.

Kondisi Tempat Pengungsian

Berdasarkan pantauan detikcom, Rabu (17/11/2021) lantai satu mesjid dialih fungsikan sebagai tempat warga terdampak beristirahat. Di sana juga tampak lembaga masyarakat seperti karang taruna yang tengah membagikan sembako kepada para warga terdampak.

Hingga saat ini bantuan terkait sandang dan pangan sudah banyak disalurkan ke Posko. Selain itu, di posko sudah tersedia obat-obatan dan tim kesehatan yang berjumlah 3 orang untuk memantau kesehatan para pengungsi.

"Tim kesetaraan dari puskesmas Kecamatan dan puskesmas kelurahan sudah stand by disini dari malah untuk memeriksa kesehatan para warga" kata Lurah Koja, Frimelda Novarita.

(zap/zap)