Urusan Seragam Kostranas NasDem Bikin Jokowi Didesak Tegur Mentan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 07:57 WIB
ASN Kementan pakai baju mirip kostranas NasDem di acara HUT NasDem
Foto: ASN Kementan pakai baju mirip kostranas NasDem di acara HUT NasDem (Dok.YouTube DPR RI)
Jakarta -

Foto ASN Kementerian Pertanian (Kementan) berbaju loreng seragam Komando Strategis NasDem atau Kostranas disorot. Foto itu menuai kritikan banyak parpol lain.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Mentan, Syahrul Yasin Limpo. Sementara Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) meminta para ASN diusut dan disanksi. Senada dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyebut hal itu pelanggaran.

"ASN tidak boleh, dilarang keras berpolitik, apalagi terindikasi mendukung model seragam sayap partai. Bila perlu, sesuai Pasal 25 UU ASN, Presiden selaku pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi bisa mengambil sikap tegas kepada menteri yang bersangkutan (SYL)," kata Wakil Ketua Komisi II Fraksi PDIP, Junimart Girsang saat dihubungi, Selasa (16/11/2021).

Junimart mendesak Kementerian PAN-RB juga menindak semua pejabat ASN Kementan yang terlibat mengenakan seragam Kostranas NasDem tersebut. Menurutnya, mereka sudah jelas melanggar UU ASN, termasuk Permendagri Nomor 11 Tahun 2020.

"Sesuai etika ASN dan Permendagri 11 Tahun 2020 tentang pakaian seragam ASN, tidak ada seragam loreng dan atribut seragam mirip army. Artinya, telah terjadi pembangkangan terhadap peraturan pemerintah. Untuk itu, instansi atau Kementerian tersebut harus diberikan peringatan keras supaya mengikuti, mempergunakan seragam kerja, dinas sesuai aturan," lanjutnya.

Lebih lanjut, politisi PDIP ini meminta KemenPAN-RB segera mengambil sikap terhadap penampilan ASN berbalut seragam Kostranas yang dinilai memalukan ini. Dia berharap ke depannya tidak ada lagi kementerian hingga lembaga lainnya yang mengenakan seragam ala army.

"Tergantung bagaimana KemenPAN-RB dan lembaga terkait menyikapi, mengambil tindakan atas penampilan yang 'memalukan' kepada rakyat ini. Yang pasti model-model seragam ala army kemudian tidak menjadi preseden kepada instansi, lembaga lainnya. Setiap ASN wajib membaca dan paham Pasal 23 UU No 5/ 2014 tentang ASN menyangkut kewajiban ASN," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: Pejabat Kementan Pakai Seragam Kostranas NasDem, PD: Politisasi ASN!

[Gambas:Video 20detik]