Vaccinated Travel Lanes Singapore: 3 Hal Wajib Tahu Jika Mau ke Singapura

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 18:10 WIB
Singapore, Singapore - December 22, 2013: The Merlion fountain lit up at night in Singapore.
Vaccinated Travel Lanes Singapore: 3 Hal Wajib Tahu Jika Mau ke Singapura -- ilustrasi (Foto: Getty Images/Vincent_St_Thomas)
Jakarta -

Vaccinated Travel Lanes Singapore atau Jalur Perjalanan yang Divaksinasi merupakan aturan baru pemerintah Singapura yang mengizinkan wisatawan masuk ke Singapura tanpa karantina. Nantinya, Vaccinated Travel Lanes Singapore akan disediakan untuk wisatawan dari Indonesia.

Dilansir dari situs Imigrasi & Pos Pemeriksaan Singapura, Singapura akan memberlakukan Vaccinated Travel Lanes (VTLs) untuk Finlandia, Indonesia, Malaysia, dan Swedia mulai 29 November 2021 mendatang. Selanjutnya, VTL untuk Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab akan dimulai pada 6 Desember 2021.

Simak informasi berikut ini mengenai Vaccinated Travel Lanes Singapore, terutama jika mau ke Singapura.

Vaccinated Travel Lanes Singapore: Ini Syaratnya

Wisatawan harus memenuhi kriteria dan ketentuan dasar VTL untuk menikmati perjalanan bebas karantina di Singapura. Jika belum memenuhi syarat, wisatawan dapat ditolak oleh maskapai penerbangan/imigrasi, atau diwajibkan melakukan karantina.

Berikut adalah kriteria dan ketentuan dasar VTL berdasarkan situs Imigrasi & Pos Pemeriksaan Singapura.

  1. Wisatawan harus divaksinasi lengkap
    - Wisatawan menggunakan vaksin yang terdaftar di WHO EUL. wisatawan sudah divaksinasi lengkap setidaknya dua minggu sebelum kedatangan di Singapura.
    - Wisatawan yang tidak divaksinasi berusia di bawah 12 tahun dapat melakukan perjalanan ke Singapura melalui VTL jika ditemani oleh keluarga/wali VTL yang divaksinasi lengkap.
  2. Menunjukkan bukti vaksinasi
    - Wisatawan dari Indonesia harus menunjukkan sertifikat vaksinasi melalui PeduliLindungi.
  3. Memenuhi Riwayat Perjalanan & Persyaratan Penerbangan VTL.
    - Riwayat perjalanan wisatawan harus hanya bepergian ke/transit melalui negara/wilayah VTL yang saat ini tercatat dalam daftar negara VTL atau , negara/wilayah Kategori I dalam 14 hari terakhir sebelum keberangkatan ke Singapura.
  4. Asuransi Perjalanan COVID-19 untuk wisatawan asing jangka pendek
    - Semua wisatawan jangka pendek yang bepergian ke Singapura dengan VTL, harus membeli asuransi perjalanan dengan harga minimum S$30.000.
  5. Wisatawan jangka pendek yang memerlukan Visa Perjalanan
    - Wisatawan asing jangka pendek yang memegang dokumen perjalanan yang memerlukan visa untuk masuk ke Singapura, harus mengajukan permohonan visa.

Vaccinated Travel Lanes Singapore: Ini Cara Daftarnya

Untuk berwisata ke Singapura menggunakan VTL, wisatawan diwajibkan untuk daftar Vaccinated Travel Pass atau VTP. Wisatawan yang berangkat dari Indonesia baru bisa mengirimkan pendaftaran mereka mulai 22 November 2021 mendatang.

Pendaftaran VTP tersebut harus dikirimkan antara 7 sampai 60 hari sebelum tiba di Singapura. Selain itu, wisatawan dengan usia di bawah 12 tahun tidak perlu mendaftar.

Informasi lainnya soal Vaccinated Travel Lanes Singapore dapat dilihat di halaman selanjutnya.

Simak video 'Ikuti Langkah WHO, Singapura Siapkan Vaksinasi untuk 5 Tahun ke Atas':

[Gambas:Video 20detik]