Legislator PAN Minta KASN Usut ASN Foto Berseragam Kostranas NasDem

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 17:27 WIB
ASN Kementan pakai baju mirip kostranas NasDem di acara HUT NasDem
ASN Kementan pakai baju mirip kostranas NasDem di acara HUT NasDem (Dok. YouTube DPR RI)
Jakarta -

Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus mengkritik pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) yang berfoto mengenakan seragam Kostranas NasDem. Guspardi meminta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bergerak mengusut kasus tersebut.

"Tentu kita minta kepada KASN untuk memanggil ASN itu untuk memanggil tentang adanya indikasi atau tuduhan ke eselon I itu," kata Guspardi kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Ia menyayangkan tindakan pejabat ASN tersebut. Pasalnya, kata dia, ASN dilarang berafiliasi dengan partai politik merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Saya sebagai anggota Komisi II sangat menyayangkan sebab bagaimanapun di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, ASN itu harus netral, tidak boleh berafiliasi ataupun jadi anggota partai politik. Kalau dia ingin jadi anggota partai politik silakan mundur jadi anggota pegawai negeri," ujar dia.

Terlebih, ujar dia, ASN yang bersangkutan merupakan pejabat eselon I di kementerian. Menurutnya, pejabat ASN seharusnya mampu menjadi teladan dengan bersikap netral tanpa terafiliasi dengan partai politik.

"Apalagi yang diindikasikan itu adalah eselon I. Harusnya memberikan contoh kepada para ASN level bawah. Bagaimana dia bisa netral, yang di atas saja bersikap seperti itu," katanya.

Penjelasan NasDem

Penjelasan terkait ASN Kementan berfoto seragam Kostranas datang dari Waketum Partai NasDem Ahmad Ali. Dia menegaskan Kostranas bukan sayap organisasi Partai NasDem.

"Itu nggak tahu saya, itu organisasi nggak punya afiliasi Partai NasDem, sebagai wakil ketua umum saya tahu semua organisasi sayap yang ada di Partai NasDem, itu tidak ada di Partai NasDem, kalau organisasi nggak tahu saya," kata Ali kepada wartawan, Selasa (16/11).

Ali menyebut tidak ada Kostranas dalam AD/ART NasDem. Dia menegaskan Kostranas bukan organisasi yang terafiliasi Partai NasDem.

"Seragam NasDem itu satu warna biru, organisasi itu tidak ada hubungan dengan Partai NasDem, boleh dilihat AD/ART Partai NasDem itu kan ada Garnita, ada Garda, Petani Buruh," ujarnya.

"Kostranas seingat saya nggak ada di Partai NasDem, jadi itu bukan organisasi terafiliasi ke Partai NasDem," lanjut Ali.

Kementan Minta Maaf

Foto pejabat eselon I Kementan menggunakan seragam Kostranas NasDem itu sebelumnya dipertanyakan Komisi IV DPR RI. Kementan pun menyatakan permohonan maafnya.

Dalam rapat Komisi IV DPR dengan eselon I Kementerian Pertanian pada 15 November 2021 kemarin, seperti dikutip Selasa (16/11/2021), rapat diawali munculnya foto ASN Kementan berbaju Kostranas NasDem. Pimpinan Komisi IV DPR Anggia Erma Rini meminta penjelasan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

"Bapak Ketua, Bapak-Ibu Wakil Ketua, dan anggota yang kami muliakan, iya, kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu, sebenarnya kami ingin menghormati apa, acara tersebut, dan kami hadir bersama juga dengan Pak Menteri," kata Kasdi.

Simak video 'Eselon I Kementan Dikritik Habis DPR Gegara Berseragam Kostranas NasDem':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)