Waketum: Kostranas Tak Terafiliasi Partai NasDem!

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 15:26 WIB
Jakarta -

Sejumlah ASN Kementan berfoto dengan Surya Paloh dan menggunakan seragam Kostranas NasDem menjadi sorotan. Waketum Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan Kostranas bukan sayap organisasi Partai NasDem.

"Itu nggak tahu saya, itu organisasi nggak punya afiliasi Partai NasDem, sebagai wakil ketua umum saya tahu semua organisasi sayap yang ada di Partai NasDem, itu tidak ada di Partai NasDem, kalau organisasi nggak tahu saya," kata Ali kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Ali menyebut tidak ada Kostranas dalam AD/ART NasDem. Dia menegaskan Kostranas bukan organisasi yang terafiliasi Partai NasDem.

"Seragam NasDem itu satu warna biru, organisasi itu tidak ada hubungan dengan Partai NasDem, boleh dilihat AD/ART Partai NasDem itu kan ada Garnita, ada Garda, Petani Buruh," ujarnya.

"Kostranas seingat saya nggak ada di Partai NasDem, jadi itu bukan organisasi terafiliasi ke Partai NasDem," lanjut Ali.

Kementan Minta Maaf

Foto pejabat eselon I Kementan menggunakan seragam Kostranas NasDem itu sebelumnya dipertanyakan Komisi IV DPR RI. Kementan pun menyatakan permohonan maafnya.

Dalam rapat Komisi IV DPR dengan eselon I Kementerian Pertanian pada 15 November 2021 kemarin, seperti dikutip Selasa (16/11/2021), rapat diawali munculnya foto ASN Kementan berbaju Kostranas NasDem. Pimpinan Komisi IV DPR Anggia Erma Rini meminta penjelasan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

"Bapak Ketua, Bapak-Ibu Wakil Ketua, dan anggota yang kami muliakan, iya, kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu, sebenarnya kami ingin menghormati apa, acara tersebut, dan kami hadir bersama juga dengan Pak Menteri," kata Kasdi.

Dalam foto yang ditampilkan di Komisi IV DPR, terlihat ASN Kementan berbaju Kostranas NasDem berfoto dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Ketum NasDem Surya Paloh. Sekjen Kementan menyampaikan maaf.

"Bapak-Ibu sekalian, tidak ada maksud lain, mohon maaf kalau memang itu kurang berkenan di Bapak-Ibu sekalian, tapi sesungguhnya di hati kami tetap dalam upaya birokrat, birokrat... tapi karena ini menghormati kami memakai atribut itu," katanya.

(eva/gbr)