Demokrat Minta ASN Foto Berseragam Kostranas NasDem Disanksi Tegas!

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 14:50 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi IV Fraksi Partai Demokrat Bambang Purwanto mengkritik pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) yang berfoto menggunakan seragam Kostranas NasDem. Bambang meminta agar ASN itu diberi sanksi tegas.

"Itu ada sanksinya, sangat jelas diatur. Ada sanksi ringan, sanksi sedang, sampai sanksi berat. Nah, tindakan pejabat eselon di Kementan ini masuk dalam kategori mana, silakan teman-teman media meminta klarifikasi ke BKN, KASN," kata Bambang, kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Bambang menyatakan mereka yang diduga mengenakan baju Kostranas NasDem dan mendapatkan kritik tajam di Komisi IV memang kasusnya agak berbeda. Pasalnya, mereka termasuk dalam unsur pimpinan di Kementerian Pertanian RI. Karena itu, kategori sanksinya semestinya berbeda dengan bawahan.

"Kalau ini yang melakukan pimpinan, itu kan jadi masalah. Karena harusnya pimpinan itu memberikan keteladanan anak buahnya di bawah. Kalau pimpinannya memakai baju parpol, bagaimana bawahannya?" ucapnya.

Bambang menegaskan ASN harus netral meski pimpinannya merupakan orang yang berasal dari partai politik. Dia mengatakan menteri itu pun harus mengesampingkan urusan politiknya dalam menjalankan tugas di kabinet.

"Yang pasti, ASN itu harus netral. Kami berharap, meski menterinya dari partai politik, tidak serta-merta bisa seenaknya membawa-bawa kepentingan partai di tubuh kementerian. Karena ketika mereka diberi amanah atau mandat dari Presiden, menteri bersangkutan harus melepas baju partai dan bekerja untuk kepentingan bangsa," sambung Bambang.

Kementan Minta Maaf

Foto pejabat eselon I Kementan menggunakan seragam Kostranas NasDem itu dipertanyakan Komisi IV DPR RI. Kementan pun menyatakan permohonan maafnya.

Dalam rapat Komisi IV DPR dengan eselon I Kementerian Pertanian pada 15 November 2021 kemarin, seperti dikutip pada Selasa (16/11/2021), rapat diawali dengan munculnya foto ASN Kementan berbaju Kostranas NasDem. Pimpinan Komisi IV DPR Anggia Erma Rini meminta penjelasan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

"Bapak Ketua, Bapak-Ibu Wakil Ketua, dan anggota yang kami muliakan, iya, kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu, sebenarnya kami ingin menghormati apa, acara tersebut, dan kami hadir bersama juga dengan Pak Menteri," kata Kasdi.

Dalam foto yang ditampilkan di Komisi IV DPR, terlihat ASN Kementan berbaju Kostranas NasDem berfoto dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Ketum NasDem Surya Paloh. Sekjen Kementan menyampaikan maafnya.

"Bapak-Ibu sekalian, tidak ada maksud lain, mohon maaf kalau memang itu kurang berkenan di Bapak-Ibu sekalian, tapi sesungguhnya di hati kami tetap dalam upaya birokrat, birokrat... tapi karena ini menghormati kami memakai atribut itu," katanya.

(eva/gbr)