Salah Paham Kabar Habib Rizieq Ditahan di Bawah Tanah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 07:55 WIB
Habib Rizieq
Foto: Habib Rizieq Shihab (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Beredar potongan video seorang pria bercerita bahwa Habib Rizieq Shihab ditahan di bawah tanah, tak pernah lihat matahari. Polri meluruskan informasi tersebut.

Dalam video tersebut, seorang pria dikelilingi oleh beberapa orang dan bercerita kondisi Habib Rizieq. Di menyebut bahwa Habib Rizieq di tahan di bawah tanah.

"Habib Rizieq Shihab sudah hampir 9 bulan dia belum lihat matahari karena di bawah tanah," ujar pria dalam potongan video yang ramai beredar di grup WA.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan memberi penjelasan. Dia menyatakan, HRS bukan dikurung di bawah tanah, melainkan di Rutan Bareskrim yang posisinya berada di basement.

Basement pun bukan merupakan tempat yang buruk. Lokasi itu, layak untuk jadi rutan dan ditempati oleh beberapa orang tahanan.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad RamadhanKabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan Foto: Adhyasta/detikcom

"Tapi basement itu sangat layak. Sama kayak ruang ini. Sudah diukur standar kesehatannya. Jadi pengertian di bawah tanah itu jangan timbulkan konotasi di dalam tanah. Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu. Tetapi kondisinya tetap ada ruang AC," kata Ramadhan saat ditemui di Mabes Polri, Senin (15/11/2021).

Ramadhan menegaskan, HRS diperlakukan secara layak dan semestinya, sama seperti para tahanan lainnya.

"Itu gedungnya layak. Tetap menggunakan AC ya. Dan AC-nya 24 jam. Jadi perlakuannya sama. Jadi prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahanan lain. Tidak ada perbedaan," tuturnya.

Lihat Video: MA Potong Hukuman HRS Jadi 2 Tahun, Kuasa Hukum: Kami Ajukan PK

[Gambas:Video 20detik]



Ramdhan meminta agar tidak ada salah paham atau anggapan buruk terhadap polisi. Habib Rizieq telah diperlakukan dengan baik.

"Jadi pada prinsipnya, bahwa Polri menghargai HAM. Tentu walau statusnya (HRS) tersangka, tentu tidak ada perlakuan seperti itu. Ya ini saya luruskan. Jadi kalau penjelasan di bawah tanah, nanti orang punya persepsi di bawah tanah," sambung Ramadhan.

Ramadhan juga membeberkan segala fasilitas yang diterima Habib Rizieq di dalam rutan. Rizieq mendapatkan hak untuk makan, perlindungan, kesehatan, hingga hak untuk beribadah.

"Kita tidak lihat statusnya apa. Tapi semua perlakuan sama, semua dapat perlindungan, dapat hak, hak terima makan, hak dia terima kesehatan. Bila dia sakit, diperlakukan sama. Semua hak kita berikan. Kalau sakit kita beri pengobatan, tempat ibadah kita berikan," ungkapnya.

(aik/aik)