Ditundanya Balap ATC Sirkuit Mandalika Bikin Gubernur NTB Kecewa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 21:30 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Sirkuit Mandalika (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta -

Penundaan race Asia Talent Cup (ATC) di Sirkuit Mandalika menyisakan kekecewaan bagi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah. Belum siapnya standar dan jumlah marshal menjadi kendalanya.

ATC Ditunda

Sirkuit Mandalika batal menggelar race ATC pada Minggu (14/11) kemarin. Sebagai gantinya, balap akan dijadwalkan ulang pada minggu depan berbarengan dengan penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika.

Sebagai informasi, sesi race Idemitsu Asia Talent Cup sedianya dilaksanakan Minggu (14/11/2021) dengan race 1 akan dilangsungkan pukul 11.00 WIB dan race 2 diselenggarakan pada pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya pada Sabtu (13/11), gelaran bertajuk Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) tersebut sukses menggelar sesi free practice (latihan bebas) juga sesi kualifikasi di Sirkuit Mandalika. Namun pada hari ini, sesi race tiba-tiba ditunda pelaksanaannya.

Penundaan balap IATC dikonfirmasi langsung oleh pihak Idemitsu Asia Talent Cup melalui situs resminya. Dikatakan bahwa balapan yang sedianya bakal diselenggarakan pada Minggu, 14 November, telah dijadwalkan ulang untuk berlangsung pada akhir pekan depan.

"Dorna Sports, bersama dengan Mandalika Grand Prix Ascociation (MGPA), mengonfirmasi bahwa final ATC akan terdiri dari 4 balapan, serta berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 November, bersama WorldSBK," tulis IATC dalam pernyataan resminya seperti dilihat detikOTO di situs resmi ATC (14/11/2021).

"Putaran ATC pertama di Mandalika direncanakan agar sirkuit baru dapat menguji fasilitas dan layanan lintasannya. Tantangan dalam Organisasi Olahraga telah diidentifikasi dan sekarang sedang ditangani, untuk memastikan keselamatan pengendara saat balapan berlangsung," jelas pihak IATC.

Kekecewaan Gubernur NTB

Gubernur NTB Zulkieflimansyah buka suara soal penundaan race ATC. Balapan ditunda hingga pekan depan karena belum siapnya standar dan jumlah Marshal.

"Tertundanya race ATC kemarin tentu mengecewakan kita yang sudah kadung berada di tengah-tengah arena. Tapi demi keselamatan pembalap race ATC ditunda minggu depan bersamaan dengan penyelenggaraan WSBK," kata Zul melalui akun Instagram miliknya, @zulkieflimansyah, seperti dilihat detikcom, Senin (15/11/2021).

"Disampaikan kemarin, tertundanya race atau balapan karena belum siapnya standard dan jumlah Marshal kita sesuai dengan standard yang seharusnya," lanjutnya.

Zul mengatakan tertundanya balapan ATC bukan karena para Marshal semata, tapi juga ada pada penyelenggara. Persiapan yang terbatas dan masalah komunikasi dengan penyelenggara juga disebut salah satunya.

"Para Marshal ini adalah putra-putra daerah kita yang sebenarnya bersemangat untuk mensukseskan acara kita ini. Kesediaan mereka untuk menjadi Marshal bukan karena pertimbangan-pertimbangan finansial tapi semata karena ingin berkontribusi dan membuat sejarah di tempat kita sendiri. Ada rasa bangga dapat mengambil bagian di event yang luar biasa ini," jelasnya.

Simak Video: Kala Jokowi Jajal Tikungan Sirkuit Mandalika yang Katanya Tajam

[Gambas:Video 20detik]