Demo Pencari Suaka Afghanistan di UNHCR Ricuh, Anak-anak Menangis Terjepit

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 14:41 WIB
Jakarta -

Para pencari suaka Afghanistan hari ini menggelar aksi di depan kantor UNHCR, Menteng, Jakarta Pusat. Aksi tersebut kini berlangsung ricuh, massa memaksa masuk kantor UNHCR.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 13.30 WIB, Senin (15/11/2021), massa mulai memaksa masuk kantor UNHCR. Aksi dorong-dorongan pun tak dapat terelakkan.

Polisi dibantu Satpol PP serta petugas keamanan UNHCR menghadang massa. Tampak sejumlah anak-anak kecil pencari suaka menangis karena terjepit barisan massa.

Polisi pun tampak mengevakuasi anak tersebut. Salah satu wanita berbaju navy bagian massa aksi tampak histeris berlarian ke Jl Menteng Raya. Dia tampak meminta bantuan para pengguna jalan.

"Help us. Help us," kata wanita tersebut.

Demo Pencari Suaka Afghanistan di UNHCR Ricuh, Anak-anak Terjepit (Foto: Rakha/detikcom)Demo Pencari Suaka Afghanistan di UNHCR Ricuh, Anak-anak Terjepit (Rakha/detikcom)

Petugas kepolisian langsung menarik wanita tersebut ke pinggir jalan. Tampak massa menyerukan kalimat 'we want justice' sambil menitikkan air mata. Kawat berduri tampak disiagakan di lokasi.

Arus lalu lintas di Jl Menteng Raya sempat tersendat saat terjadi aksi dorong-dorongan. Terpantau pukul 13.50 WIB arus lalu lintas kembali ramai lancar. Massa kini berorasi tepat di depan pagar kantor UNHCR.

Sebelumnya, sejumlah warga negara (WN) Afghanistan pencari suaka kembali menggelar aksi di depan kantor UNHCR, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka menuntut kejelasan perpindahan ke negara ketiga.

Rakhima, salah satu seorang perwakilan massa aksi, mengaku sempat diminta untuk masuk ke kantor UNHCR untuk diajak berunding. Namun dia menolak ajakan tersebut.

Rakhima mengaku sudah tidak percaya kepada UNHCR. Sebab, hingga kini tidak ada kejelasan soal perpindahan ke negara ketiga sejak perundingan yang dilakukan pada 24 Agustus 2021.

"Iya (diajak berunding ke dalam). Kita tidak percaya perwakilan, tidak percaya kepada office (UNHCR) hari ini," kata Rakhima.

Demonstrasi para pencari suaka ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya, mereka berkali-kali mendatangi kantor UNHCR dengan tuntutan yang sama, yakni meminta kejelasan perpindahan ke negara ketiga

(rak/mae)