Panen Padi di Sumsel, Mendes Ajak Petani Perkuat Ketahanan Pangan

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 20:21 WIB
Mendes Panen di Sumsel
Foto: Kemendes
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar melakukan panen raya padi di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Dia mengajak para petani di desa untuk terus menggenjot produktivitas dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Hal ini mengingat sektor pertanian terbukti menjadi tulang punggung ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19.

"Ini adalah upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan penurunan stunting. Ayo kita ajak para petani kita untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian. Kalau ini bisa berjalan dengan zonasi yang jelas, kita akan pastikan bahwa impor bisa dikurangi," ujar Halim dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/11/2021).

Halim juga mengapresiasi kegiatan panen raya padi. Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam menjaga ketahanan pangan.

Dia menjelaskan selain ketahanan pangan, panen raya padi seperti di Musi Waras ini menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan penurunan stunting yang tengah menjadi agenda Presiden Jokowi. Ia yakin pertanian bisa menjadi salah satu jalan mewujudkan Indonesia mandiri dalam di bidang pangan.

Ia menilai manajemen pertanian di Desa E Wonokerto layak dipuji. Panen raya di lahan sawah seluas 4 hektare tersebut merupakan yang ketiga kali pada tahun ini. Padi yang dipanen pada bulan November ini adalah hasil tanam sejak Agustus lalu.

"Panen raya padi IP 300. Dalam satu tahun bisa tiga kali panen. Artinya, manajemen petaninya bagus, pendampingan bupati juga bagus," kata mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas Ratna Machmud memastikan pihaknya akan mendukung Musi Rawas sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Sumatera Selatan.

"Sebagai bupati saya yakin Musi Rawas akan kembali menjadi lumbung pangan di Provinsi Sumatera Selatan ini," pungkas dia.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Sugito dan Plt Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Razali.

(ncm/ega)