Menkominfo: Penerapan Prokes di Tempat Kerja Harus Ditegakkan

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 20:55 WIB
PPKM Darurat mulai diterapkan Sabtu (3/7) besok. Seluruh kegiatan perkantoran, kecuali yang nonesensial, harus dilakukan dari rumah saat PPKM Darurat diterapkan
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi penularan COVID-19 di lingkungan kerja. Ia berpesan agar protokol kesehatan selalu diterapkan selama bekerja.

"Penerapan prokes di tempat kerja harus ditegakkan agar tak kembali menghadapi lonjakan COVID-19 seperti Juli 2021," ungkap Johnny dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Ia menjabarkan berdasarkan pengalaman tahun lalu, fenomena penularan klaster tempat kerja bisa merembet ke klaster keluarga hingga memunculkan lonjakan kasus. Hal itu, lanjut Johnny, harus menjadi pengingat agar semua masyarakat yang saat ini harus berkegiatan di kantor tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari hal serupa kembali terjadi di Indonesia.

"Peristiwa tersebut harus kita cegah agar tak kembali terulang," sebut Johnny.

Johnny mengimbau para pekerja di kantor untuk tetap mengenakan masker, menjaga jarak aman, memastikan area kerja bersih, dan selalu mencuci tangan sebelum dan usai beraktivitas di kantor, serta mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi.

Ia juga meminta semua pihak juga dapat memastikan area kerja memiliki sirkulasi udara yang baik, agar aliran udara bisa keluar dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Tak hanya itu, para pekerja juga diimbau untuk mendukung rekan-rekannya yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi guna melindungi diri mereka sendiri serta orang lain di lingkungan kantor.

"Dengan menerapkan berbagai upaya itu, kita telah dapat berkontribusi menurunkan angka penularan COVID-19 nasional dan membantu penanggulangan berbagai persoalan pandemi di tengah masyarakat," cetus Johnny.

(akd/ega)