Update Banjir di Kapuas Hulu Kalbar: 3.362 Rumah Terendam

Antara - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 20:20 WIB
Banjir melanda enam kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) (dok BNPB)
Banjir melanda enam kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar). (dok BNPB)
Kapuas Hulu -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu melaporkan update terkini seputar banjir. Terbaru, ada 3.000-an rumah yang terendam banjir.

"Debit air semakin tinggi, data sementara saat ini sudah 3.362 rumah terendam dengan 17.779 jiwa warga terdampak di daerah pesisir sungai Kapuas," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan dilansir dari Antara, Jumat (12/11/2021).

Dari 7 kecamatan, ada 5 kecamatan yang terdampak banjir cukup parah. Kelima kecamatan itu adalah Kecamatan Silat Hilir, Semitau, Batang Lupar, Jongkong, dan Suhaid.

Sedangkan 2 kecamatan lainnya mengalami banjir sedang. Selain merendam 3 ribuan rumah, 88 fasilitas umum di Kapuas Hulu terdampak.

Warga yang terdampak banjir juga meningkat pesat. Semula 8.714 jiwa, saat ini menjadi 17.779 jiwa.

"Bantuan sudah kita salurkan untuk korban banjir di sejumlah kecamatan tersebut, kalau untuk tempat pengungsian kami sudah koordinasi dengan pihak kecamatan untuk menyiapkan tempat pengungsian apabila ada warga yang hendak mengungsi," terang Gunawan.

Meski rata-rata rumah warga Kapuas Hulu terdampak banjir, warga tetap memilih bertahan di rumah masing-masing. Gunawan mengimbau masyarakat mewaspadai banjir karena tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

"Hampir setiap hari terjadi hujan, kami imbau masyarakat waspada banjir," pungkasnya.

(isa/knv)