Kinerja Komunikasi Digital KKP Raih Penghargaan GPR Award 2021

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 17:21 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
Foto: KKP
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih penghargaan di bidang kehumasan dalam ajang Top Government Public Relation (GPR) Award 2021. KKP dinilai memiliki digital public relations yang baik.

Atas penghargaan yang diserahkan secara virtual pada Kamis (11/11/) tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi kinerja tim komunikasi KKP dalam menyampaikan informasi sektor kelautan dan perikanan kepada masyarakat. Menurutnya, informasi mengenai kebijakan dan program kerja sektor kelautan dan perikanan harus disampaikan secara masif ke tengah masyarakat demi menjaga kelestarian ekosistem perikanan dan mendorong produktivitas sektor ini.

"Penghargaan ini patut untuk disyukuri, dan menjadi penyemangat serta mendorong KKP untuk terus berinovasi dalam menyampaikan informasi terkait program, kebijakan dan capaian dengan memanfaatkan teknologi agar terwujud program yang efektif dan efisien, dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Trenggono dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Trenggono menilai perkembangan teknologi dan digitalisasi pada setiap pelayanan sektor kelautan dan perikanan di seluruh unit kerja di KKP sangat penting dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Termasuk dalam hal menyebarkan dan menerima informasi dari masyarakat kelautan dan perikanan melalui saluran komunikasi yang telah disiapkan KKP.

"Adopsi teknologi itu penting, digitalisasi itu perlu," cetus Trenggono.

Berdasarkan hasil penilaian TOP GPR Index 2021, ada lebih dari 77 ribu ulasan Kementerian Kelautan dan Perikanan di internet dan dicari oleh rata-rata 36 ribu pengguna internet setiap bulannya. KKP telah diberitakan lebih dari 10 ribu kali di berbagai media online dalam kurun waktu 1 tahun ke belakang. KKP juga memiliki media website yang aktif dan dikunjungi oleh rata-rata lebih dari 900 ribu visitor setiap bulan. Dari tiga aspek penilaian oleh dewan juri, yakni digital awareness aspect, digital media dan media sentiment aspect, serta website aspect KKP mendapatkan total skor 94,28 poin.

Asisten Khusus Bidang Media dan Komunikasi Publik Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto menyatakan penghargaan tersebut menjadi ganjaran bagi kerja keras dari tim komunikasi membangun citra dan reputasi positif KKP di era digital.

"Ini membuktikan tim komunikasi KKP berhasil menjalankan program kehumasan yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi digital yang makin berkembang. Di era digitalisasi telah membuat arus informasi semakin terbuka dan mudah diakses, KKP membangun tim komunikasi yang agile dan adaptif guna menghadapi dinamika perubahan ini," tutur Doni.

Selain membangun tim komunikasi yang tangguh, lanjut Doni, KKP juga berinovasi dengan sejumlah konten sesuai kebutuhan era digital. Terbaru, KKP membangun channel video dokumentasi NeptuneTV di platform streaming MaxStream, IndiHome, dan Youtube.

"NeptuneTV mulai mendapatkan traksi yang positif, terutama dari kalangan milenial untuk menjadi sumber literasi sektor kelautan dan perikanan. Kami akan terus kembangkan platform NeptuneTV sehingga menjadi acuan utama nantinya di era digital untuk informasi sektor kelautan dan perikanan," jelas Doni.

Sementara itu, Founder GPR Institute Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengatakan penghargaan TOP GPR Award 2021 bisa menjadi alat penilaian untuk mengukur kinerja humas pemerintah. Penilaian dilakukan sejak bulan Juli hingga September 2021. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui engine pihak ketiga yang bersifat independen dan kredibel.

"Apresiasi semacam ini perlu dilakukan untuk menjadi alat penilaian terhadap perkembangan public relations, khususnya di ranah pemerintahan. Penghargaan ini juga tentunya bisa menjadi evaluasi sehingga muncul motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas public relations di Indonesia," papar Widodo.

(ega/ega)