Hutama Karya Sabet 2 Penghargaan di Ajang BPEA 2021

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 20:06 WIB
Hutama Karya
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dianugerahi 2 penghargaan sekaligus dalam penganugerahan Business Performance Excellence Award (BPEA) yang digelar Forum Ekselen BUMN (FEB). Adapun penghargaan tersebut untuk kategori Emerging Industry Leader dalam penilaian Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) dan Mature in Technology Capability dalam penilaian Kriteria Penilaian Teknologi Unggul (KPTU).

Penyerahan penghargaan dilaksanakan secara online pada Kamis (23/9) lalu melalui Zoom Cloud Meeting oleh Ketua Umum Forum Ekselen BUMN Agung Yunanto kepada Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra. Acara tersebut turut disaksikan Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya Muhammad Fauzan, dan EVP Sistem TI & Riset Teknologi G. Aji Sentosa.

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan penghargaan tersebut menjadi bukti komitmen manajemen atas implementasi KPKU dan KPTU di lingkungan perusahaan. Menurutnya ke depan pihak manajemen akan terus mendorong perbaikan atas hasil assessment agar menjadi aksi yang berkelanjutan demi kinerja korporasi yang semakin baik.

"Perlunya KPKU dipahami dengan baik sebagai sistem untuk mengevaluasi atau mengukur nilai kematangan suatu bisnis proses yang terintegrasi dengan hasil. Seluruhnya harus selaras dan efektif untuk mencapai tujuan yang sama. Semakin matang suatu proses sejalan dengan tujuan perusahaan, maka semakin baik kinerja yang dihasilkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/11/2021).

Diungkapkannya keberhasilan Hutama Karya tidak lepas dari dukungan dan kerja sama insan perusahaan dalam mengoptimalisasi proses bisnis yang dijalankan.

"Pencapaian yang baik ini diharapkan dapat diimplementasikan juga di Anak Perusahaan dan afiliasi Hutama Karya agar memperoleh manfaat yang sebaik-baiknya untuk perusahaan," tandasnya.

Sebagai informasi Business Performance Excellence Award (BPEA) merupakan ajang pemberian penghargaan atas pencapaian kinerja unggul suatu perusahaan. Hasil penilaiannya mengacu pada 2 kriteria yaitu Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) dan Kriteria Penilaian Teknologi Unggul (KPTU) yang merupakan penilaian terhadap kematangan atas proses bisnis perusahaan sesuai kriteria frame work yang ditetapkan. Selain itu juga mencakup evaluasi atas efektivitas kinerja dan unggul atas kompetitor dan perusahaan pembanding yang ada di industri sejenis.

Diketahui pada asesmen KPKU tahun lalu, Hutama Karya berhasil memperoleh skor 653,4, yang melampaui target yang telah ditetapkan sebelumnya. Hutama Karya memperoleh band/kategori "Emerging Industry Leader". Dengan kata lain, performa Hutama Karya cukup matang dalam hal implementasi bisnis proses guna mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan terkait KPTU Hutama Karya telah melaksanakan FGD Kapabilitas Teknologi BUMN bersama dengan para assessor dari FEB dan memperoleh nilai 4,19, atau di atas rata-rata perolehan skor BUMN sebesar 3,9, dengan kategori "Mature in Technology Capability".

(ega/ega)