Momen Bea Cukai Mataram Cek Kargo Motor WSBK Mandalika

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 15:17 WIB
Jakarta -

Pemberitaan media asing soal kemarahan Ducati atas beredarnya video pembukaan kargo motor untuk WSBK Mandalika 2021 oleh pihak tak berwenang jadi sorotan. Menyusul kemudian beredar klarifikasi pihak yang membuka kargo tersebut dan berdalih pembukaan dilakukan oleh pihak Bea-Cukai, sementara dia hanya mengambil kesempatan. Sebenarnya bagaimana proses pembukaan kargo yang sesuai prosedur?

Bea-Cukai Mataram mengunggah momen pengecekan kargo WSBK Mandalika 2021 di media sosial. Postingan ini diunggah sebelum viral pemberitaan soal pembukaan kargo oleh pihak tak berwenang.

"Permudah administrasi kepabeanan, Bea Cukai Mataram dukung perhelatan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike di Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit pada 12-14 dan 19-21 November mendatang," tulis akun Bea Cukai Mataram, Kamis (11/11/2021).

[Gambas:Instagram]



Dari sejumlah foto yang diunggah, tampak para petugas berseragam Bea-Cukai mengecek kargo-kargo logistik. Selain itu, ada petugas yang sedang mengecek sepeda motor yang akan digunakan dalam ajang balap bergengsi itu, termasuk motor Ducati. Proses pengecekan dalam foto yang diunggah Bea-Cukai Mataram tampak sesuai dengan prosedur.

Sejauh ini, logistik dengan berat total 100 ton kebutuhan WSBK telah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pada Senin (8/11). Selanjutnya, pada Selasa (9/11), sisa logistik datang menggunakan pesawat kargo Boeing 777 milik maskapai Qatar Airways dari Doha.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memberikan fasilitas kepabeanan dengan Carnet untuk kemudahan layanan kepabeanan dalam rangka impor keperluan event Internasional IATC dan WSBK. Carnet ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan agar proses pengawasan oleh Bea-Cukai lebih cepat.

"Implementasi carnet yang berlaku secara internasional memberikan kemudahan pelayanan dan pengawasan sehingga administrasi kepabeanan menjadi lebih cepat. Carnet meliputi ATA CARNET dan CPD Carnet," tulisnya.

ATA Carnet (Admission Temporaire/Temporary Admission Carnet) adalah dokumen pabean internasional yang diterima sebagai pemberitahuan pabean dan berfungsi sebagai jaminan yang berlaku secara internasional serta digunakan untuk barang-barang keperluan selain sarana pengangkut dengan tujuan untuk dikendarai.