Happy Single Day! Ini Alasan 11 November Jadi Hari Jomblo Sedunia

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 13:13 WIB
Happy Single Day! Ini Alasan 11 November Jadi Hari Jomblo Sedunia
Happy Single Day! Ini Alasan 11 November Jadi Hari Jomblo Sedunia / Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong
Jakarta -

Happy Single Day 2021! Hari ini tanggal 11 November 2021 merupakan Hari Jomblo Sedunia. Hari ini merupakan hari di mana para jomblo merayakan kelajangan mereka.

Berawal dari tahun 1990-an, Hari Jomblo Sedunia pertama dipopulerkan oleh para mahasiswa dari Universitas Nanjing di China. Biasanya para jomblo merayakan kelajangan mereka dengan membeli hadiah untuk mereka sendiri. Hal ini menunjukan kemandirian mereka.

Saat ini, Hari Jomblo Sedunia bukan hanya sebagai hari untuk merayakan kelajangan, namun menjadi acara belanja terbesar di China. Bahkan saat ini menjadi 4 kali lebih besar dari acara Black Friday dan Cyber Monday di Amerika.

Simak informasi berikut ini mengenai Hari Jomblo Sedunia yang sudah kami rangkum.

Happy Single Day Sebagai Gerakan Anti Valentine

Awalnya, Hari Jomblo Sedunia merupakan gerakan anti valentine. Sebelumnya dikenal sebagai Bachelor's Day, tanggal 11 November dipilih karena 11.11 menyerupai 4 batang telanjang atau 'bare stick' yang merupakan bahasa gaul China yang artinya lajang.

Dilansir dari Time, Konsultan Kencan untuk Pria di Beijing Yue Xu mengatakan bahwa status 'Single' baru mulai muncul selama beberapa dekade terakhir di China, sebagian besar karena paparan budaya Barat, dalam film dan televisi. Hal ini memberi tekanan kepada pria dan wanita China untuk segera mencari pasangan.

Yue Xu menambahkan bahwa banyak kliennya yang telah menetapkan Hari Jomblo Sedunia ini sebagai hari untuk berhenti menjadi lajang. Daripada melihatnya sebagai cara merayakan kelajangan, mereka melihatnya sebagai hari terakhir menjadi lajang.

Happy Single Day: Hari Belanja Terbesar

Perusahaan e-commerce Alibaba berhasil mengubah Hari Jomblo Sedunia sebagai hari belanja terbesar di China sejak tahun 2009. Meski tidak dimulai oleh Alibaba, Hari Jomblo Sedunia kini gencar dipromosikan oleh Alibaba.

Acara belanja ini sekarang hampir empat kali lebih besar dari Black Friday dan Cyber Monday, dua hari belanja terbesar di Amerika. Banyak e-commerce yang menawarkan diskon besar untuk berbagai produk yang dijual selama periode 24 jam.

Namun, acara tersebut terkait erat dengan e-commerce Alibaba. Bahkan Alibaba juga mengadakan acara pertunjukan dengan mengundang beberapa selebriti ke Shanghai untuk tampil di acara tersebut yang disiarkan televisi sebagai merayakan jam-jam menjelang dimulainya Singles Day.

Kelanjutan informasi tentang Hari Jomblo Sedunia dan Happy Single Day dapat disimak di halaman berikutnya.