Didukung Maju Pilpres Forum Ijtima Ulama dan Relawan, Ini Kata Sandiaga

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 18:52 WIB
Sandiaga Lepas Mobil Vaksinasi Keliling
Sandiaga Uno melepas mobil vaksinasi menggandeng Holywings dkk. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menanggapi dukungan dari sejumlah relawan untuk maju Pilpres 2024. Sandi menanggapi dingin.

"Ya saya sih tentunya ini negara demokrasi, silakan saja dan hampir setiap hari ada kegiatan yang berkaitan dengan kontestasi demokrasi, tapi fokus saya pada parekraf karena pontang panting saya ngurusin parekraf ini jadwalnya padat sekali ini baru aja balik dari Toba," kata Sandi usai melepas mobil vaksin Holywings dkk di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Rabu, (10/11/2021).

Sandi juga mengatakan dia berfokus pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan persoalan dan pembangkitan pariwisata dan ekonomi. Saat ini, Kemenparekraf juga sedang mengejar target vaksinasi.

"Kita juga ngejar vaksinasi jadi kita berharap waktu waktu kita yang ada ini teralokasi full untuk kegiatan yang berkaitan dengan pemuliaan persiapan dan pembangkitan ekonomi khususnya pariwisata dan ekonomi," jelas Sandi.

Terkait dengan adanya manuver dari partai politik, Sandi mengatakan sampai saat ini tidak ada kegiatan politik yang saat ini dilakukan. Sandi menegaskan fokusnya saat ini pada pariwisata dan ekonomi kreatif sesuai dengan jabatannya.

"Karena saya fokusnya di parekraf dan bergerak terus tentunya hampir 100 persen dari kegiatan saya selain untuk kegiatan rutin di kantor adalah untuk kepulihan ekonomi. Kebangkitan ekonomi dan parekraf jadi tidak ada kegiatan politik yang teralokasi untuk kerjaan ini," tutur Sandi.

Terakhir, Sandi mengatakan kegiatan atau gerakan untuk menuju kontestasi demokrasi yang akan dilakukan tiga tahun lagi harus diapresiasi. Namun jangan sampai mengganggu kinerja.

"Memang perlu kita ketahui bahwa 2-3 tahun lagi akan ada kontestasi demokrasi dan pasti saya juga dulu peserta kontestasi demokrasi di Jakarta maupun nasional. Kegiatan-kegiatan harus diapresiasi, tapi jangan sampai mengganggu kinerja kita," jelas Sandi.

Sebelumnya, sejumlah ulama yang tergabung dalam Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia mendeklarasikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Dukungan terhadap Sandiaga datang dari sejumlah ulama yang tergabung dalam Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia.

"Sandiaga tidak pernah melontarkan ujaran kebencian terhadap agama lain. Sandiaga hampir selalu menyempatkan diri hadir di berbagai agenda besar yang dihelat oleh organisasi Islam di Indonesia," ujar Ketua Pelaksana Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia, Arief Fahrudin, dalam Forum Deklarasi Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia Mendukung Sandiaga Uno Capres 2024-2029, di Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/11/2021).

Terbaru, relawan yang mendukung Sandiaga Uno sebagai calon presiden 2024 bertambah. Relawan Kawan Sandi cabang Banjarmasin turut mendeklarasikan Menparekraf tersebut sebagai calon presiden 2024.

Muhammad Fadli, salah satu deklarator, mengungkit kinerja Sandiaga Uno untuk pelaku usaha kecil. "Hari pahlawan ini adalah hari yang pas dan tepat kami deklarasi untuk menuju pemimpin baru di tahun 2024 nanti," ujar Fadli dalam keterangannya, Rabu (10/11).

Adapun deklarasi tersebut dilakukan di depan Kompleks Makam Sultan Suriansyah, Jalan Kuin Utara, Banjarmasin, Kalsel.

(tor/tor)