Komjen Ahmad Dofiri Resmi Jabat Kabaintelkam Polri

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 15:52 WIB
Jakarta -

Polri menggelar upacara pelantikan serta serah-terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tingginya. Dua pejabat yang dilantik adalah Komjen Ahmad Dofiri sebagai Kabaintelkam Polri dan Irjen Firman Shantyabudi sebagai Kakorlantas Polri.

"Ada 11 yang naik pangkat, 2 dari Irjen menjadi Komjen. Bintang 2 menjadi bintang 3. Kemudian ada 3 brigjen menjadi irjen. Dari bintang satu menjadi bintang 2. Dan ada 6 kombes naik pangkatnya menjadi brigjen," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021).

Upacara pelantikan dan sertijab itu dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Upacara digelar di Gedung Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri siang ini.

Upacara itu digelar berdasarkan surat telegram Kapolri dengan nomor ST/2278/X/KEP./2021 yang diterbitkan pada (31/10) lalu. Dalam telegram Kapolri, tertulis 6 Kapolda yang dirotasi.

Jabatan Kapolda Jawa Barat (Jabar) yang ditinggalkan Ahmad Dofiri diisi oleh Irjen Suntana, yang sebelumnya menjabat Wakabaintelkam Polri. Selanjutnya, jabatan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) diserahkan Irjen Merdisyam kepada Irjen Nana Sudjana, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara (Sulut). Merdisyam dirotasi ke jabatan Wakabaintelkam.

Jabatan Kapolda Sulut diisi oleh Irjen Mulyatno. Kemudian, jabatan Kapolda Bangka Belitung diserahkan Irjen Anang Syarif Hidayat kepada Irjen Yan Sultra Indrajaya, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sultra. Sementara Anang dirotasi ke jabatan Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisosbud).

Adapun jabatan Kapolda Sultra saat ini resmi diisi oleh Irjen Teguh Pristiwanto, yang sebelumnya menjabat Pati Bantintelkam Polri.

Selain itu, Irjen Argo Yuwono, yang sebelumnya menjabat Kadiv Humas Polri, dipromosikan menjadi Aslog Kapolri. Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Dedi Prasetyo resmi menggantikan Irjen Argo Yuwono sebagai Kadiv Humas Polri.

(rak/aud)