Sejumlah Ruas Jalan Ditutup karena Demo di Patung Kuda, Ini Daftarnya

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 13:15 WIB
Jakarta -

Massa yang terdiri atas elemen buruh, mahasiswa, dan ormas menggelar demonstrasi di kawasan Monas, Jakarta Pusat, siang ini. Sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi ditutup untuk mencegah kemacetan karena adanya massa aksi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan aksi massa siang ini terpusat di bundaran Patung Kuda dan Balai Kota. Untuk menghindari kemacetan, polisi menutup lalu lintas dari Patung Kuda ke arah Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Barat.

"Saat ini orasi masih terus berlangsung di Bundaran Patung Kuda Monas, sehingga arus lalu lintas yang dari arah Patung Kuda ke Harmoni kita tutup, demikian juga yang dari arah Istana ke Patung Kuda juga kita tutup," jelas Sambodo di lokasi, Rabu (10/11/2021).

Selain di Patung Kuda, lalu lintas dari Gambir menuju Istana Merdeka ditutup.

"Kemudian juga titik lain, seperti di Gambir menuju ke Istana, Jl Veteran 3, dan Harmoni itu juga kita tutup," imbuhnya.

Sambodo mengatakan penutupan arus lalu lintas dilakukan secara situasional. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sendiri mengerahkan 400 personel untuk mengatur lalu lintas.

"(Penutupan lalu lintas) situasional sampai selesai," tutupnya.

Sebelumnya massa melakukan long march dari depan Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, ke lokasi aksi di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Setiba di Patung Kuda, massa aksi menyalakan flare hingga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars buruh.

Hingga berita ini dimuat, aksi massa masih berlangsung. Situasi di lokasi kondusif.

Aksi demo massa ini mendapatkan pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Polisi menutup Jl Medan Merdeka Barat dengan kawat berduri dan menyiagakan sejumlah kendaraan taktis seperti water cannon dan Barracuda.

(mea/bar)