Duit Rp 2,5 M Belum Dibalikin Anak Akidi Tio, Pelapor Ogah Cabut Laporan

M Syahbana - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 12:20 WIB
Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto: dok. Antara)
Palembang -

Dokter bernama Siti Mirza mengatakan duit Rp Rp 2,5 miliar yang diduga digelapkan anak Akidi Tio, Heryanty Tio, belum juga dikembalikan. Siti pun ogah mencabut laporan.

"Ahong (Heryanty) selalu mau selesaikan utangnya secara baik-baik, tapi ya itu tadi, janji tinggal janji, makanya lama," kata Siti Mirza kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

"Kita kasih kesempatan Ahong untuk bayar. Tidak perlu saya dia masuk sel, yang penting bayar saja utangnya. Saya akan cabut LP (laporan polisi) begitu Ahong bayar," sambungnya.

Siti juga menjelaskan alasan pihaknya belum menyerahkan bukti lanjutan soal dugaan penipuan ini. Dia mengatakan kasus penipuan ini berawal dari hubungan pertemanan.

"Saya dan Ahong seperti perjanjian antara sahabat, saling percaya saja, tidak terlalu hitam di atas putih. Bukti-buktinya pasti ada, tapi kan harus dilengkapi secara detail, butuh waktu, saksi, dan lain-lain," ujarnya.

Dia pun berterima kasih kepada polisi yang terus mengusut kasus ini. Dia mengatakan bukti-bukti yang dibutuhkan bakal dilengkapi.

Sebelumnya, Polisi menyatakan masih mengusut kasus penipuan Rp 2,5 miliar yang diduga melibatkan anak Akidi Tio, Heryanty Tio. Polisi menunggu bukti lanjutan dari pelapor, dokter Siti Mirza.

"Ya kita tunggu mungkin karena kesibukan, kita tunggu. Kan dokter, jadi kita maklum. Mungkin sibuk ada banyak pasien, ya kita kasih waktu lah," kata Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes Hisar Siallagan saat ditanya kelanjutan kasus dugaan penipuan tersebut, Selasa (9/11).

Hisar mengatakan pihaknya tidak ingin buru-buru dalam menangani suatu kasus. Dia menegaskan semua laporan bakal diusut secara hati-hati.

"Kasus ini juga tidak buru-buru kan, dokter Mirza. Ya tidak buru-buru harus dihentikan, harus dilanjutin ya, tidak buru-buru," katanya.

Anak Akidi Tio bikin geger setelah janji hibah Rp 2 triliun yang dijanjikannya ke Irjen Eko Indra Heri ternyata bodong. Selain soal hibah, Heryanty juga dipolisikan oleh seorang dokter bernama Siti Mirza.

Heryanty dilaporkan ke polisi atas kasus dugaan penggelapan dan penipuan uang senilai Rp 2,5 miliar. Kasus itu diketahui dari laporan polisi nomor LP/B/704/VIII/2021/SPKT/POLDA SUMATERA SELATAN yang dilihat detikcom, Senin (9/8). Dalam laporan itu, Siti menyebut dirinya merasa ditipu Rp 2,5 miliar oleh terlapor, Heryanty.

(haf/haf)