Round-Up

Kabar Terkini Anak Akidi Tio di Kasus Prank Donasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 08:19 WIB
Sumbangan COVID Rp 2 Triliun Bikin Heboh, Ini Fakta-faktanya
Anak Akidi Tio, di tengah, bernama Heryanty. (Istimewa)
Palembang -

Masih ingat kehebohan prank hibah bodong Rp 2 triliun keluarga mendiang Akidi Tio ke polisi? Kini, catatan kondisi putri Akidi Tio bernama Heryanty sudah dipegang polisi.

Sebelum mengetahui kabar terkini soal putri Akidi Tio itu, silakan simak perjalanan kasus heboh ini dari awal kemunculannya.

Seremonial awal kehebohan

26 Juli 2021, Irjen Eko Inda Heri, yang saat itu menjabat Kapolda Sumatera Selatan, menerima secara simbolik hibah Rp 2 triliun. Hibah ditujukan untuk penanganan COVID-19.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, 26 Juli lalu.

Hibah itu berasal dari peninggalan ayah Heryanti, yakni mendiang Akidi Tio, pengusaha asal Aceh. Saat itu, acara simbolik tersebut disaksikan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Komandan Korem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus.

Irjen Eko mengaku mengenal keluarga Akidi Tio saat dirinya bertugas di Aceh Timur. Saat itu Eko menjabat Kasat Reskrim Polres Aceh Timur.

Lihat juga video 'Polisi Masih Periksa Beberapa Saksi untuk Tetapkan Pasal Ke Anak Akidi Tio':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, Heryanty dipolisikan orang lain: