Antisipasi Cuaca Ekstrim, KAI Daop 1 Pantau Titik Rawan Bencana

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 04:00 WIB
Alat material untuk siaga (AMUS) milik PT KAI Daop 1 Jakarta.
Alat material untuk siaga (AMUS) milik PT KAI Daop 1 Jakarta. Foto: dok. istimwa
Jakarta -

KAI Daop 1 Jakarta mengantisipasi cuaca ekstrim dengan memantau sejumlah titik rawan dan siapkan alat material untuk siaga (AMUS). KAI telah memetakan daerah mana yang rawan bencana saat cuaca ekstrim.

"Pemantauan dan pengecekan yang lebih ekstra juga dilakukan oleh petugas pemeriksa jalur di sejumlah lokasi rawan banjir dan longsor untuk meminimalisir resiko dan mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terdapat dampak dari cuaca ekstrim pada operasional KA," ucap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Senin (9/11/2021).

Tak hanya memantau, beberapa upaya lain pun dilakukan. Upaya-upaya itu untuk memastikan bahwa jalur kereta aman dilintasi.

"Selain itu antisipasi juga dilakukan melalui pengecekan dan pembersihan maupun normalisasi saluran air di area jalur KA," katanya.

Kemudian, untuk AMUS, telah disiagakan di 28 titik rawan bencana di wilayah Daop 1. Sehingga, AMUS bisa langsung dikirim ke daerah yang bemasalah.

"Upaya yang dilakukan Daop 1 Jakarta antara lain dengan menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) dibeberapa titik yang dapat menjangkau lokasi apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor," katanya.

Adapun AMUS ini terdiri dari batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta pun mengimbau kepada masyarakat untuk ikut peduli dan menjaga tel kereta api. "Agar operasional perjalanan KA dapat berjalan dengan lancar,aman dan selamat," kata Eva.

"Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membuang sampah, beraktifitas maupun membuat perlintasan liar disekitar jalur KA," katanya.

(aik/aik)