Hari Perencanaan Kota Dunia: Sejarah-Peringatan Tahun Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 07:16 WIB
Ilustrasi Kota Sevilla
Hari Perencanaan Kota Dunia: Sejarah-Peringatan Tahun Ini -- ilustrasi kota (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Hari Perencanaan Kota Dunia diperingati setiap tahunnya. Namun masih banyak yang belum mengetahui soal peringatan yang jatuh setiap tanggal 8 November ini.

Peringatan ini dirayakan untuk mempromosikan peran perencanaan dalam menciptakan komunitas yang layak huni. Hari Perencanaan Kota Dunia juga sekaligus menjadi strategi untuk mempromosikan kesadaran, dukungan dan advokasi masyarakat juga perencanaan regional. Kegiatan ini juga menghadirkan kesempatan yang baik untuk melihat perencanaan dan perspektif global.

Awalnya, Hari Perencanaan Kota Dunia diinisiasi oleh Profesor asal Argentina, Carlos Maria della Paolera. Dia memulai peringatan ini di Buenos Aires pada tahun 1949. Saat itu, tanggal 8 November 1949, para perencana dari 30 negara datang untuk merayakan kegiatan tersebut.

Berbagai kegiatan turut menghiasi Hari Perencanaan Kota Dunia. Beberapa di antaranya seperti penggalangan dana, acara amal, festival jajanan, kompetisi sekolah hingga pemberian penghargaan perencanaan.

Untuk mengenal lebih jauh Hari Perencanaan Kota Dunia, simak ulasan di bawah ini:

Hari Perencanaan Kota Dunia: Begini Sejarah Awalnya

Profesor Carlos Maria della Paolera menjadi pencetus Hari Perencanaan Kota Dunia. Dia merupakan alumni dari Universitas Buenos Aires.

Awalnya, Hari Perencanaan Kota Dunia bertujuan untuk memajukan minat publik dalam perencanaan lokal maupun luar negeri. Kegiatan ini menjadi peristiwa penting karena memberi pengakuan terhadap cita-cita perencanaan masyarakat.

Di sisi lain, peringatan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat guna melihat perencanaan dari perspektif global. Oleh karenanya, acara ini menarik perhatian terhadap dampak lingkungan yang dihasilkan dari pembangunan kota dan wilayah.

Hari Perencanaan Kota Dunia: Sederet Rangkaian Acara Tahun Ini

Rangkaian acara bakal digelar untuk memperingati Hari Perencanaan Kota Dunia ke-72. Tahun ini, Royal Town Planning Institute (RTPI) mengadakan lomba menuju Net Zero. Kegiatan ini merupakan acara yang diselenggarakan bersama Jaringan Perencanaan Global, Asosiasi Perencana Persemakmuran serta Masyarakat Internasional Perencana Kota dan Regional.

Di tengah pandemi COVID-19, Hari Perencanaan Kota Dunia tahun ini masih digelar. Perayaan tahun ini mendukung pemulihan global berkelanjutan, sehingga masyarakat dunia membuat laporan untuk pemerintah daerah agar memberikan kapasitas fiskal juga kekuasaan yang lebih besar terhadap pengembangan lahan. Hal itu karena masyarakat dunia ingin beralih ke lingkungan yang minim karbon.

Lihat juga video 'Masjid Cipari, Saksi Bisu Sejarah Islam di Nusantara Sejak 1930-an':

[Gambas:Video 20detik]



Informasi soal Hari Perencanaan Kota Dunia juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.