Jaguar-Raimas Backbone Bakal Dilengkapi Alat Canggih, Durasi Patroli Ditambah

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 11:58 WIB
Aksi Tim Jaguar Polresta Depok.
Potret Tim Jaguar Polresta Depok (Muhammad Abdurrosyid/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menegaskan tim patroli, seperti Jaguar, Raimas Backbone, dan lain-lain, tidak akan dibubarkan. Tim patroli malam justru akan ditingkatkan dari segi kemampuan hingga peralatannya.

"Saya ingin Tim Jaguar, Tim Rainmas Backbone, Tim Pemburu Preman, Tim Hiu, Tim Garuda, dan sebagainya, saya membuat sebuah konsep patroli pemolisian yang saya bilang ke media sebagai dream team. Saya luruskan pada kesempatan ini, tim itu tidak saya bubarkan, tim itu tetap ada dan tim itu akan saya tingkatkan," tegas Fadil dalam video yang diunggah di akun resmi Instagram miliknya, seperti dilihat detikcom, Jumat (5/11/2021).

Fadil mengatakan durasi patroli yang biasanya hanya dua jam tiap malamnya akan ditingkatkan menjadi lima jam. Saat tim itu berpatroli pun, Fadil menekankan pentingnya menghormati hak asasi orang lain kepada para anggotanya.

Mantan Kapolda Jatim ini mengimbau tim patroli agar bisa menahan diri. Ia juga mengimbau tim patroli tetap menghormati hak asasi masyarakat, sekalipun dengan pelaku kejahatan.

"Semangat untuk menghormati hak asasi ini semakin besar, Saudara-saudara. Jangankan orang baik, maling pun harus kita hormati hak asasinya, tersangka pun harus kita hargai dan junjung tinggi haknya," terang Fadil.

Fadil mengaku nantinya para anggota tim patroli malam ini akan diberi pelatihan, bukan hanya secara teknis, tapi juga wawasan perihal hak asasi manusia hingga komunikasi publik.

"Nanti kita bangun semua, bawa ke SPN Lido, kita didik perspektif tentang HAM, perspektif tentang kejahatan, perspektif tentang komunikasi public speaking, perspektif tentang transformasi organisasi," ujar Fadil.

Dibekali Peralatan Canggih

Secara teknis Fadil menyebut akan ada pembaruan dalam peralatan yang dimiliki tim patroli malam saat bertugas. Tim itu akan dibekali peralatan mulai pengetesan narkoba hingga pengecekan identitas seseorang.

"Di situ dia bawa peralatan test kit narkoba, test kit alkohol dan Mambis (Mobile Automated Multi-Biometric Identification System) supaya kalau ada orang bohong identitasnya dia bisa langsung (ketahuan)," ungkap Fadil.

Lebih lanjut Fadi mengatakan pihaknya juga menggunakan bantuan teknologi untuk mengawasi pergerakan Tim Jaguar, Raimas Backbone, dan tim patroli lainnya.

"Nanti kita membuat absen Geotag (Geotagging). Jadi dia (anggota) ke mana-mana tinggal lihat saja. Tim Jaguar benar nggak ke Tapos, benar nggak ke Sawangan. Dari Geotag-nya itu nanti kita belikan juga helmet cam. Jadi kalau terjadi kontak dengan pelaku (tindak kriminal), anggota ini bisa terlindungi dirinya dari alat bukti visual tersebut," pungkas Fadil.

Lihat juga video 'Terjaring Razia Tim Raimas Backbone, Pemuda Ini Simpan 6 Jimat':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)