detik's Advocate

Tanah Tukar Guling Tol Diserobot Tokoh Masyarakat, Saya Harus Bagaimana?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 08:14 WIB
Edy Gurning
Edy Gurning (dok.pri)
Jakarta -

Pembebasan tanah untuk proyek tol menyisakan banyak cerita. Ada yang suka karena nilai pembebasan dinilai cukup, tapi ada juga yang menyisakan sengketa. Salah satunya sengkarut di masyarakat sendiri.

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com Berikut pertanyaan lengkapnya:

Assalamualaikum

Perkenalkan nama saya H tinggal di Bitung, Sulawesi Utara, mohon bisa diberikan pencerahan mengenai masalah yang saya alami.

Masalah yang saya alami adalah kepemilikan lahan tanah. Awalnya rumah kami kena lokasi penggusuran dan mendapatkan ganti rugi berupa uang dan atas kesepakatan bersama warga yang kena gusur uangnya dibelikan lahan.

Setelah beberapa tahun kemudian lahan kami sudah menjadi salah satu pengurus. Yang notabennya membantu malahan menyusahkan karena kami belum membayar sisa uang tambahan untuk membayar lahan sebesar Rp 3 juta. Namun lahan itu di kantor kecamatan atas nama saya.

Yang saya heran pengurus telah menjual beberapa lahan di lokasi yang milik beberapa warga.

Dan kini pengurus telah memiliki sertifikat dari pemilik awal lahan karna pengurus telah membayar sisa uang Rp 3 juta.

Terima Kasih

H

Untuk menjawab masalah di atas, tim detik's Advocate meminta pendapat hukum advokat Edy Halomoan Gurning, S.H., M.Si. Ingin tahu jawabannya? Buka halaman selanjutnya: