Direktur Utama LRT Jakarta Diganti, Wagub DKI: Itu Penyegaran

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 22:56 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Ahmad Riza Patria (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Direktur Utama PT LRT Jakarta (LRTJ) Wijanarko diganti. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, selama menjabat dirut, Wijanarko selalu berhasil mengatasi berbagai permasalahan di LRTJ.

Karena itu, dia meyakini pergantian dilakukan bukan karena kinerjanya buruk.

"Saya kira sejauh ini teman-teman bisa melihat apakah ada yang kurang, tidak kurang, sejauh ini tidak ada masalah yang signifikan. Semua bisa diatasi," kata Riza kepada wartawan, Kamis (4/11/2021) malam.

Politikus Gerindra itu menganggap pergantian direksi sebagai sesuatu yang wajar. Menurutnya, dibutuhkan pergantian direksi untuk mengoptimalkan kinerja badan usaha milik daerah (BUMD).

"Soal pergantian itu suatu yang biasa saja. Itu penyegaran biasa tidak hanya di BUMD tapi di kalangan Pemprov kita biasa melakukan mutasi promosi, pergantian, dan sebagainya," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti Direktur Utama PT LRT Jakarta (LRTJ), Wijanarko. Pemberhentian disebut berdasarkan rapat umum pemegang saham (RUPS).

"Iya. Per 3 November ada pejabat baru," kata Direktur SDM dan Umum Jakpro Muhammad Taufiqurrachman saat dihubungi.

Taufiq mengatakan alasan pergantian adalah penyegaran direksi. Sementara ini, posisi Wijanarko diisi Hendri Saputra sebagai pelaksana tugas (Plt) Dirut LRTJ.

Hendri sebelumnya menjabat Kepala Divisi Project Management Office (PMO) LRTJ. "Nanti ada penetapan (dirut definitif) dari Pemprov juga," terangnya.

Selain Wijanarko, Anies mengganti Direktur Operasi dan Perawatan LRTJ Indarto Wibisono. Dia digantikan oleh Aditia Kesuma Negara sebagai Plt.

(taa/idn)