Apakah Hari Ini Tanggal Merah? Cek Faktanya Terkait Hari Deepavali

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 08:57 WIB
Apakah Hari Ini Tanggal Merah? Cek Faktanya Terkait Hari Deepavali
Apakah Hari Ini Tanggal Merah? Cek Faktanya Terkait Hari Deepavali / Foto: detikcom/Dikhy Sasra
Jakarta -

Apakah hari ini tanggal merah? Jawaban dari pertanyaan ini sedang dicari-cari masyarakat. Tanggal 4 November merupakan hari Peringatan Deepavali atau Diwali yang dirayakan umat Hindu etnis India di seluruh dunia.

Terkait hari libur, pemerintah telah menerbitkan aturan soal tanggal merah dalam SKB 3 Menteri. Melalui SKB tersebut, pemerintah mengumumkan aturan mengenai tanggal merah dan cuti bersama.

Lalu, apakah Hari Deepavali atau Diwali yang diperingati 4 November hari ini termasuk tanggal merah? Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apakah hari ini tanggal merah.

Apakah Hari Ini Tanggal Merah? Ini Jawabannya

Aturan mengenai perubahan tanggal merah dan cuti bersama tertulis dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021. Melalui SKB tersebut, pemerintah mengumumkan aturan mengenai tanggal merah dan cuti bersama.

Untuk menjawab apakah hari ini tanggal merah, tahun ini, hari peringatan Deepavali atau Diwali jatuh pada hari Kamis, 4 November 2021. berdasarkan SKB tersebut, tanggal 4 November bukan merupakan tanggal merah. Jadi masyarakat tidak libur dan tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Apakah Hari Ini Tanggal Merah: Seruan Gubernur Anies

Terkait apakah hari ini tanggal merah atau tidak, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menerbitkan seruan gubernur yang meminta perusahaan memberikan libur 1 hari kepada umat Hindu untuk memperingati Hari Raya Deepavali. Hal itu disebut libur fakultatif.

Permintaan itu ada dalam Sergub Nomor 14/2021 yang diterbitkan 2 November 2021. Ada dua acuan Sergub Anies itu yakni:

  • surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Nomor B.4862/DJ.VI/BA.03.1/11/2020
  • surat Ketua Umum DPP Gema Sadhana tanggal 15 Oktober 2021 Nomor 007/GS/Deepavali/ASK/X/2021.

Setelah tahu apakah hari ini tanggal merah atau tidak, mari menyimak lagi mengenai apa itu Hari Deepavali atau Diwali. Cek di halaman selanjutnya ya.