Lewat WA, CT Pantau Kondisi Kesehatan SBY yang Idap Kanker Prostat

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 20:14 WIB
Chairul Tanjung di Trans Mall Makassar (Muhammad Taufiqurrahman/detikcom)
Foto: Chairul Tanjung di Trans Mall Makassar (Muhammad Taufiqurrahman/detikcom)
Makassar -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menjalani perawatan kanker prostat yang diidapnya di Amerika Serikat (AS). SBY pun sempat bertukar kabar dengan pendiri CT Corp, Chairul Tanjung (CT) sebelum berangkat.

Chairul Tanjung memang berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/11/2021). Pria yang juga dikenal dengan sapaan CT itu tiba di Trans Mall sekitar pukul 13.00 Wita, bersama rombongan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Bersama Menkes, Chairul Tanjung menyempatkan diri menyaksikan vaksinasi di Trans Mall. Lalu, melanjutkan makan siang bersama.

Usai dua agenda tersebut, Chairul Tanjung mengajak mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ngobrol santai. Pada momen itu, CT ternyata ikut memantau kesehatan SBY. CT memperlihatkan beberapa percakapannya dengan SBY kepada Ilham.

"Saya ikut terharu melihat begitu besar kepedulian Bapak Chairul Tanjung terhadap Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," kata Ilham kepada detikcom di Trans Mall Makassar, Selasa (2/11) 2021).

IAS menjelaskan apa yang dia lihat di HP itu adalah obrolan jalur pribadi WhatsApp CT dengan SBY. IAS menyebut CT mengetahui betul kondisi kesehatan SBY.

"Ternyata, sebagai sahabat, CT tidak pernah mau melewatkan waktu tanpa tahu perkembangan kondisi SBY yang sedang sakit. Saya tahu dari isi chat itu," sebut dia.

Dari obrolan WhatsApp yang ditunjukkan kepada IAS, diketahui sore tadi SBY sedang siap-siap bertolak ke Amerika untuk mengobati kanker prostat. Rumah sakit yang dituju adalah Mayo Clinics Hospital, di Kota Rochester, Minnesota.

"Jujur, sikap dan kepedulian CT itu memberi saya pelajaran. Begitulah sebaik-baik sahabat, selalu ada saat sahabatnya sedang sakit atau susah," tutur dia.

Seperti diketahui, SBY yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Partai Demokrat akan berobat ke luar negeri setelah didiagnosis mengidap kanker prostat. Hal itu dikabarkan Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, dari keterangan resmi.

Berikut ini pernyataan lengkap soal SBY kena kanker prostat:

PERNYATAAN PERS
2 November 2021

Beberapa hari ini, saya selaku Staf Pribadi Bapak SBY, menerima banyak pertanyaan dari sejumlah kalangan antara lain para sahabat Bapak SBY, wartawan dan anggota masyarakat, menyangkut kesehatan Bapak SBY, Presiden RI Ke-6. Oleh karena itu, agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat, saya akan jelaskan melalui press release hari ini.

Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer). Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY. Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat. Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY. Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain. Melalui press release ini, Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Terima kasih.

Ossy Dermawan
Staf Pribadi Presiden RI Ke-6

Simak video 'Doa untuk Kesembuhan SBY Mengalir Deras di Media Sosial':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/zak)