Kapolres Lutra Dicopot Buntut Rekayasa Laporan Buron Ditembak 5 Kali

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 12:14 WIB
AKBP Irwan Sunuddin dicopot dari jabatan Kapolres Luwu Utara (Situs Polres Luwu Utara)
AKBP Irwan Sunuddin dicopot dari jabatan Kapolres Luwu Utara (Situs Polres Luwu Utara)
Luwu Utara -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot sejumlah pejabat polisi bermasalah. Salah satu yang ditindak tegas Kapolri adalah Kapolres Luwu Utara (Lutra) lantaran kasus penganiayaan-penembakan buron di wilayahnya.

Nama Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin masuk dalam daftar mutasi yang tertuang dalam Telegram Kapolri Nomor: ST/2277/X/KEP/2021 per 31 Oktober 2021. Irwan dimutasi dari jabatannya dan dipindahkan ke pamen Yanma Polri.

Posisi yang ditinggalkan Irwan diisi oleh AKBP Alfian Nurnas, yang sebelumnya menjabat Kapolres Palopo.

Pada surat telegram itu, mutasi yang diberikan kepada Irwan dalam rangka evaluasi jabatan. Mutasi ini diduga terkait kasus penembakan dan penganiayaan terhadap buron berinisial IL (30).

IL ditembak lima kali oleh anggota Satreskrim Polres Lutra hingga kritis. Polda Sulsel, yang mengambil alih kasus ini, menduga Irwan melakukan rekayasa pelaporan soal IL yang menyebutkan adanya perlawanan saat penangkapan berlangsung.

"Kapolresnya yang pertama tidak memberikan laporan yang sebenarnya kepada pimpinan Polda (merekayasa laporan)," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan.

Bukan hanya Irwan, Kasat Reskrim Lutra AKP Amri dan lima anggotanya sempat diperiksa Propam Polda Sulsel. Amri juga dimutasi ke Polda untuk memudahkan pemeriksaan.

Keenam orang oknum tersebut kena sanksi kode etik. Selain AKBP Irwan dan AKP Amri, empat orang yang dijatuhi sanksi etik adalah Kasi Propam Polres Lutra Ipda Dwinanto. Selanjutnya ada Aipda Sadar Syamsuri, Briptu Ashari, hingga Briptu Adrian.

Polda Sulsel menyatakan keenam orang tersebut telah melanggar Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik.

"Di situ ada pasal-pasalnya (yang dilanggar), ada Pasal 7 ayat 1, ayat 2, ayat 3, Pasal 15 huruf C Pasal 13 ayat 3 huruf C," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada detikcom, Senin (30/10).

Lihat juga Video: Profesionalisme Polri di Tengah Sorotan Publik

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/jbr)