Round-Up

Jokowi Menanti Erdogan di RI

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 23:03 WIB
Di sela-sela rangkaian acara KTT G20 yang digelar di La Nuvola, Roma, Italia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kedua Presiden membahas sejumlah hal, antara lain rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia.
Foto: (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanti kedatangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kedatangan Erdogan disebut bakal memberi dampak besar terhadap kerjasama kedua negara.

Soal pertemuan kedua presiden itu dibahas di sela-sela KTT G20 yang digelar di La Nuvola, Roma Italia. Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Erdogan.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menerima laporan hasil kunjungan Menlu Retno Marsudi ke Turki. Presiden Jokowi juga telah menerima hasil pembicaraan dengan Presiden Erdogan, termasuk rencana kunjungannya ke Indonesia.

"Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari 2022. Saya yakin kunjungan Yang Mulia akan makin mempererat hubungan Indonesia-Turki. Kita tugaskan Menteri Luar Negeri kedua negara untuk mempersiapkan kunjungan dengan baik," kata Jokowi seperti dalam keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (31/10/2021).

Pertemuan akan direncankan menjadi mekanisme stretegis tingkat tinggi atau high level strategic mechanism. Salah satu hal yang akan dibahas dalam kunjungan Erdogan ke Indonesia adalah perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Turki atau IT-CEPA.
"Saya sarankan agar kita menugaskan Menteri Perdagangan masing-masing untuk segera mempercepat perundingannya. Tentu akan sangat baik jika IT-CEPA menjadi salah satu deliverable dari kunjungan Bapak Presiden tahun depan," ujar Jokowi.



Simak Video "Erdogan Mau ke Indonesia Bahas Percepatan Negosiasi IT-CEPA"
[Gambas:Video 20detik]