Menhub Minta TNI-Polri Kawal Karantina di Bali agar Wisman Tak Kabur

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 19:46 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19, TNI dan Polri untuk mengawal karantina wisatawan mancanegara (wisman). Hal itu dilakukan agar tak ada wisman yang kabur saat karantina.
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek salah satu karantina hotel bagi wisman di Bali. (Sui Suadnyana/detikcom)
Badung -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19, TNI, dan Polri mengawal karantina wisatawan mancanegara (wisman). Hal itu dilakukan agar tak ada wisman yang kabur saat karantina.

"Proses karantina ini kami minta bantuan dari Satgas, dari danrem, dan kapolres untuk mengawal. Kita tidak ingin mereka yang datang dalam masa karantina keluar dari rombongan," kata Budi Karya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Budi Karya, pengawasan karantina bagi turis asing di Bali sebagai salah satu sesi yang krusial. Sebab, ada kemungkinan turis asing keluar dari rombongan dan tak mengikuti karantina.

"Karantina juga prosedurnya sudah kita tetapkan. Kita juga mohon TNI-Polri untuk mengawal sehingga apa yang sudah digariskan dalam surat edaran, baik itu Inmendagri, terkait gugus tugas, maupun Kementerian Perhubungan, itu diikuti dengan baik," harap Budi Karya.

Sementara itu, Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali telah menyiapkan 55 hotel untuk karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Dari 55 hotel itu, 23 hotel di kawasan pariwisata The Nusa Dua, 9 hotel di Sanur, 13 hotel di Ubud, dan 10 hotel di Kuta dengan kapasitas total 11.394 kamar.

Budi Karya sempat meninjau salah satu hotel karantina Mulia Resort di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Saat meninjau, Budi Karya didampingi Sekretaris Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali I Made Rentin.

Dalam kunjungan itu, Budi Karya menyaksikan simulasi penerimaan wisman saat mulai karantina hingga masuk ke kamar yang sudah disediakan. Dirinya juga sempat melihat kamar hotel dan prosedur pelayanan terhadap wisman yang menjalani karantina.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Begini Alur Penentuan Tempat Karantina saat Tiba di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]