Gandeng PMI, Garda Pemuda NasDem Jabar Gelar Donor Darah dan Plasma

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 19:10 WIB
Garda Pemuda NasDem
Foto: Garda Pemuda NasDem
Jakarta -

Garda Pemuda NasDem Jawa Barat menggelar donor plasma dan donor darah jilid II di DPW Partai NasDem Jawa Barat, Bandung, Kamis (28/10). Mengusung tema 'PSP BERDERMA II (Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah & Plasma Jilid II)', kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus menjaga optimisme pemuda dalam melewati pandemi COVID-19.

"Kami berupaya tetap konsisten untuk menjaga optimisme di tengah pandemi COVID-19 sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar donor darah dan donor plasma bertajuk PSP BERDERMA II bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kab Bandung Barat," kata Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Jawa Barat Rian Firmansyah dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Rian, donor plasma dan donor darah merupakan salah satu unsur yang bisa menopang keberhasilan Indonesia dalam melewati pandemi. Melalui kegiatan ini, Anggota DPR RI ini mengatakan para pemuda dapat berkontribusi dalam membantu menangani COVID-19. Salah satunya dengan melakukan donor darah dan donor plasma.

"Tentu saja akselerasi vaksinasi sangat penting, tetapi donor plasma juga menjadi bagian dari percepatan pencapaian herd immunity," katanya.

"Kami menggelar acara ini sebagai bagian dari kampanye nasional yang digagas oleh Ketum DPP Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh agar momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini menjadi ajang untuk generasi muda dalam mengaktualisasikan dirinya, memberikan kontribusi nyata di bidang kemanusiaan untuk bangsa dan masyarakat Indonesia yang masih berjuang untuk keluar dari pandemi COVID19 ini," imbuh Rian.

Sementara itu, Sekretaris Wilayah GP NasDem Jabar Tedi Irawan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi Partai NasDem Jawa Barat. Oleh karena itu, pihaknya mengajak organisasi sayap Partai NasDem untuk terlibat.

Di kesempatan tersebut, Tedi juga mengapresiasi kehadiran organisasi sayap Partai NasDem seperti Gemuruh, LMN, Garnita Melahayati dan DPD-DPD GP NasDem se-Jabar atas partisipasinya di kegiatan donor darah dan plasma ini. Terlebih di kegiatan ini, pihaknya menargetkan 300 kantong darah dan plasma terkumpul.

"Kami menargetkan minimal terkumpul 300 kantong darah dan plasma yang kami laksanakan secara serentak bersama di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat seperti Cirebon, Cianjur, Kota Bogor, Garut dan lainnya," katanya.

Di sisi lain, Ketua Satkorwil PSP Berderma Jabar, Gia Darmadia mengatakan kegiatan ini merupakan dukungan dari pihaknya sebagai bagian dari pemuda Indonesia untuk memerangi pandemi. Ia pun juga mengapresiasi PMI yang telah berkolaborasi dan menjadi garda terdepan di masa pandemi.

"Semangat sumpah pemuda menjadi spirit bagi kami sebagai bagian dari pemuda Indonesia untuk dapat terus memberikan kontribusi dalam melawan COVID-19 yang masih belum berakhir, dengan melihat kebutuhan stok darah di PMI untuk memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat, maka melalui PSP Berderma ke II kami kembali mengaktualisasikan dengan mendonorkan darah kami untuk PMI yang dipergunakan untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya.

"Kami pun sangat berterima kasih kepada PMI telah berkolaborasi dengan kami dan juga merupakan salah satu garda terdepan dalam melawan COVID-19," imbuhnya. (ADV)

(ncm/ega)